RI Butuh 10 Tahun Vaksinasi Covid? Jangan Salah Tangkap Yah!

RI Butuh 10 Tahun Vaksinasi Covid? Jangan Salah Tangkap Yah!

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia -ÂBloomberg dalam laporan terbarunya menyebut butuh waktu 7 tahun...

Jakarta, CNBC Indonesia -ÂBloomberg dalam laporan terbarunya menyebut butuh waktu 7 tahun untuk melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 75% populasi umat manusia di dunia. Namun kecepatan vaksinasi antara satu negara dengan negara lainnya berbeda.

Dalam perhitungan Bloomberg, negara yang paling cepat untuk memvaksinasi tiga perempat populasinya adalah Israel dan Uni Emirat Arab. Keduanya hanya butuh waktu 2 bulan saja. Kemudian di posisi ketiga ada Inggris yang butuh setengah tahun dan disusul oleh AS yang butuh hampir satu tahun.

Negara-negara dengan populasi yang besar cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk vaksinasi Covid-19. Contohnya China, dengan populasi penduduk mencapai 1,4 miliar jiwa butuh setidaknya 5,5 tahun.Â


Untuk India yang populasinya hampir sama dengan China bahkan butuh waktu lebih dari 10 tahun. Lantas untuk kasus Indonesia butuh waktu berapa tahun? Jawabannya adalah sama dengan India, lebih dari 10 tahun?

Kaget? Jangan dulu! Itu berdasarkan perhitungan yang mengacu pada laju vaksinasi saat ini. Indikator ini akan bergerak secara dinamis, jadi tidak bisa dijadikan sebagai acuan secara saklek.

Lagipula target populasi yang dipatok juga 75%. Kalau begitu dari mana perhitungan BloombergÂtersebut berasal? Tentunya dari data tren vaksinasi harian yang dilakukan di setiap negara.

Di Indonesia, vaksinasi Covid-19 sudah dimulai sejak pertengahan Januari lalu. Orang pertama yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 di RI adalah Presiden Joko Widodo. RI-1 bahkan sudah mendapat suntikan kedua vaksin Covid-19 CoronaVac buatan Sinovac pada akhir Januari.

Per 6 Februari 2021, total dosis vaksinasi yang sudah disuntikkan mencapai lebih dari 900 ribu. Jika satu orang membutuhkan dua kali suntikan, maka ada lebih dari 450 ribu orang di Indonesia yang sudah disuntik vaksin.Â

Rata-rata dosis vaksin yang disuntikkan per harinya di dalam negeri mencapai 61 ribu. Jika tren ini terus bertahan alias stagnan maka memang benar perhitungan BloombergÂtersebut. RI butuh lebih dari 10 tahun untuk mencapai 75% populasi tervaksinasi.

Saat ini ada kurang lebih 270 juta penduduk Indonesia. Kalau diambil angka 75% maka ada kurang lebih 202,5 juta jiwa. Ini adalah jumlah orang yang harus divaksinasi. Maka total vaksin yang dibutuhkan mencapai 405 juta dosis.

AsumsikanÂ1 tahun ada 365 hari. Jumlah vaksinasi per hari mencapai 61 ribu terus secara konstan. Maka butuh waktu 18,2 tahun untuk memvaksinasi 75% dari total populasi di Indonesia.

Dengan begitu kalkulasi BloombergÂmenjadi logis. Namun kalkulasi BloombergÂadalah kalkulasi kasar. Mengapa? Karena ada tren kenaikan jumlah orang yang divaksinasi setiap harinya, dan populasi juga terus bertumbuh setiap tahunnya.Â