Naik Kereta Api Bisa Pakai Tes GeNose di Stasiun, Begini Langkahnya

Naik Kereta Api Bisa Pakai Tes GeNose di Stasiun, Begini Langkahnya

Terbaiknews - KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan mengeluarkan aturan tentang syarat hasil negatif...


KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan mengeluarkan aturan tentang syarat hasil negatif pemeriksaan GeNose test atau rapid test antigen atau RT-PCR sebagai syarat kesehatan penumpang kereta api jarak jauh.

Aturan tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalnan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Pandemi Covid-19, serta SE Satgas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2021.

Bukti hasil negatif Covid-19 dari pemeriksaan GeNose test atau rapid test antigen atau RT-PCR tersebut, sampelnya harus diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

GeNose Jadi Pilihan Syarat Naik Kereta Api

Persyaratan tersebut tidak diwajibkan bagi pelanggan yang berusia di bawah 12 tahun.
Pengguna kereta api jarak jauh bisa melakukan pemeriksaan GeNose C19 langsung di stasiun-stasiun.

Salah satu lokasi yang menyediakan tes GeNose ada di Area Daop 1 Jakarta sejak 3 Februari 2021 adalah di Stasiun Pasar Senen.

Berdasarkan rilis resmi yang diterima Kompas.com, sejak pertama kali dibuka hingga Sabtu (6/2/2021) terdapat 2.580 calon pengguna kereta api jarak jauh yang telah menggunakan layanan GeNose C19 di stasiun.

Naik Kereta Api Bisa Pakai Tes GeNose di Stasiun, Begini LangkahnyaKOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Calon penumpang kereta api jarak jauh mengikuti pemeriksaan sampel napas GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021). Mulai 5 Februari 2021, PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh.

Khusus di hari Sabtu (6/2/2021), berdasarkan data pukul 15.00 WIB, telah terdapat sekitar 700 calon penumpang yang menggunakan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen.

Untuk meningkatkan layanan, kini perangkat GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen juga telah ditambah empat unit. Secara keseluruhan, kini terdapat 10 perangkat GeNose C19 yang telah beroperasi.

Ketentuan dan cara melakukan tes GeNose

Untuk persyaratan melakukan GeNose test, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini seperti dirangkum Kompas.com:

  • Calon penumpang kereta api jarak jauh wajib menunjukkan tiket atau kode booking yang sudah dibayarkan lunas serta kartu identitas asli.
  • Calon penumpang yang ingin melakukan pemeriksaan GeNose C19 juga dianjurkan tidak makan atau minum, serta tidak merokok 30 menit sebelum melakukan proses pengambilan sampel melalui embusan napas ke kantong udara.

Langkah-langkah melakukan pengambilan sampel dengan kantong udara pada layanan GeNose C19 adalah sebagai berikut: