Kearifan Lokal Berpotensi Besar Pulihkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kearifan Lokal Berpotensi Besar Pulihkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Terbaiknews - – Kearifan lokal dinilai menyimpan potensi besar dalam pemulihan sektor pariwisata dan...

– Kearifan lokal dinilai menyimpan potensi besar dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kratif ( Parekraf).

Pernyataan itulah yang disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno saat berkunjung ke Desa Batu Hitam, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (5/2/2020).

Menurut rilis resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) yang Kompas.com terima, Jumat (5/2/2021). Desa Batu Hitam sendiri merupakan sentra produksi kapal kayu.

Indahnya Pantai Matras di Bangka, Bisa Berkemah sambil Bakar Ikan

Hal itu merupakan kearifan lokal masyarakat setempat. Menurut Sandi, apa yang dimiliki desa tersebut dapat dimaksimalkan lagi.

Ia mencontohkan, desa yang semula hanya sebatas memproduksi kapal kayu dapat diubah menjadi desa wisata. Nantinya, bisa ditampilkan proses pembuatan kapal kayu dan aktivitas masyarakat.

“Kapal kayu yang semula hanya diproduksi sebagai sarana pengangkut barang dapat dikonversi menjadi kapal wisata bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Sandi.

Ia berpendapat bahwa Desa Batu Hitam pas untuk wisata berbasis bahari. Selain itu, akan disiapkan pula homestay.

Belitung Siapkan Tiga Agenda Wisata Olahraga pada 2021

Dengan demikian, diharapkan nantinya upaya tersebut akan memberi peluang kepada para pelaku usaha dan membuka kembali lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

"Jadi pariwisata ini juga langsung menetes ke masyarakat. Kita harapkan dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin-dibantu teman-teman Polri dan TNI, pariwisata kita bisa bangkit dan dapat memulihkan perekonomian Kepulauan Bangka Belitung dan Belitung," ujar Sandi.

Parekraf jadi penolong masyarakat