Jateng di Rumah Saja, Pelaku Usaha Pariwisata di Kabupaten Semarang Mengeluh

Jateng di Rumah Saja, Pelaku Usaha Pariwisata di Kabupaten Semarang Mengeluh

Terbaiknews - KOMPAS.com – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Ardhiansyah...


KOMPAS.com – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Ardhiansyah menyatakan bahwa para pelaku usaha pariwisata di sana sempat menyampaikan beberapa keluhan terkait adanya gerakan Jateng di Rumah Saja.

“Yang kami tangkap selama ini masih mendukung (penutupan) untuk destinasi wisata. Hanya saja ada beberapa masukan gitu, keluhan ya,” kata dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Salah satu keluhan yang disampaikan adalah, bahwa selama ini tempat-tempat wisata termasuk juga sektor perhotelan sudah menerapkan protokol kesehatan cleanliness, health, safety, environmental sustainability (CHSE) dengan sangat ketat.

Ganjar: Ada Pelaku Pariwisata yang Tidak Setuju dengan Jateng di Rumah Saja

“Destinasi wisata sebenarnya yang paling (ketat) protokol kesehatan dibanding kegiatan yang lain,” imbuh Ardhiansyah.

Pukulan berat sektor pariwisata

Adapun, masa pandemi Covid-19 memang menjadi pukulan berat bagi dunia pariwisata. Ditambah adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jilid pertama dan kedua makin telak memukul para pelaku usaha pariwisata.

Menurut Ardhiansyah, berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama masa PPKM berlangsung, banyak usaha di industri pariwisata yang hampir tak bisa beroperasi.

Dusun Semilir Bawen Tutup Selama Jateng di Rumah Saja

“Di tingkat perhotelan, okupansi di PPKM ini banyak yang melaporkan itu sampai 0 persen. Sampai akhir pekan saja tidak ada yang datang. Biasanya mereka berharap masih ada kegiatan MICE. Mungkin rapat dari instansi di hotel mereka gitu,” ujar Ardhiansyah.

Namun terlepas dari itu, ia memastikan para pelaku usaha sudah diberi imbauan dan arahan untuk tetap mengikuti kebijakan pemerintah yang berlaku.

Sanksi dan pengawasan