"Graha Maria Annai Velangkanni" Bangunan Unik di Jalan Bunga Sakura-Medan

"Graha Maria Annai Velangkanni" Bangunan Unik di Jalan Bunga Sakura-Medan

Terbaiknews - Traveling adalah cara mengenal Tuhanalam sekitarorang laindan diri sendiri.ÂSelamat...

Traveling adalah cara mengenal Tuhan, alam sekitar, orang lain, dan diri sendiri.Â

Selamat bertemu kembali para pecinta traveling ! Semoga kalian baik-baik saja. Bagaimana dengan aktivitas liburan kalian di masa pandemi ini ? Berjalan seperti biasa atau tidak dilakukan sama sekali. Kalau saya sendiri,aktivitas liburan benar-benar dihentikan. Cuti tahunanpun hangus. Tapi jangan sedih,ketika segala rencana untuk liburan gagal akibat pandemi.

Tak bisa dipungkiri, liburan atau traveling dapat menghilangkan penat setelah lelah menjalani rutinitas. Bagi para pekerja, mengambil cuti untuk liburan adalah kebahagiaan tersendiri.Mereka rela menabung cuti hingga akhirnya bisa melakukan liburan dalam kurun waktu yang lama. Mengambil cuti liburan juga dimanfaatkan untuk mengisi ulang tenaga dan semangat dengan membuang beban di dalam pikiran.

Nah,suatu hari saya dan teman-teman berencana untuk keluar rumah sejenak menikmati senja di taman setia budi. Akan tetapi dalam perjalanan seorang teman mengusul agar kami lewat dari Graha Maria Annai Velangkani.Tempat yang disebut itu tidak jauh dari komunitas kami. Waktu yang ditempuh sekitar 15 menit dengan speda motor. Permintaan itupun disetujui oleh ibu komunitas dan kami pergi kesana. Setelah tiba disana ternyata gerbang utama pintu masuk ditutup dengan alasan karena masih pandemi. Yahh..apa boleh buat kami hanya bisa memandangi gedung tersebut dari luar pagar. Sedih ya...!

Kurang lebih 10 menit saya dan teman-teman berdiri diluar gerbang tersebut. Ternyata ada seorang bapak yang juga karyawan di tempat tersebut memperhatikan kami dan akhirnya mengijinkan kami mauk kedalam. Owh iya,Graha Maria Annai Velangkanni itu apa sih suster ? Graha Maria Annai Velangkanni atau orang sering sebut dengan velangkanni adalah suatu tempat ziarah rohani.

Graha ini adalah sebuah graha yang Âdipersembahkan kepada Bunda penyembuh yakni Bunda Maria. Maria Annai Velangkanni artinya Bunda dari velangkanni. Keunikan Bangunan ini terletak pada keaslian arsitekturnya. Bentuk dan warna bangunan menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Tempat ziarah ini juga terbuka untuk umum.Siapa saja yang ingin berdoa ditempat ini diberi kesempatan. ÂSaya yakin setiap orang yang berkunjung Âketempat ini akan mengalami kedamaian dan ketenangan bahkan mengalami pertolongan dari sang Bunda. Bagi kamu para pecinta doa novena,tempat ini menjadi tempat yang cocok bagi kalian.

Sebelum pandemi tempat ini selalu rame. Pada umumnya orang-orang yang datang ketempat ini adalah orang-orang yang mengalami kerinduan bertemu dengan Tuhan. Tentu saja ditempat ini tidak langsung bertemu dengan Tuhan secara fisik akan tetapi perjumpaan itu dialami lewat keheningan,lewat doa,bahkan lewat perayaan ekaristi.

"Graha Maria Annai Velangkanni" Bangunan Unik di Jalan Bunga Sakura-Medan
Dokpri
Owh iya,di velangkani ada perayaan ekaristi setiap hari kecuali hari minggu. Perayaan ekaristi diadakan setiap pkl 18.00 wib. Senin sampai Jumat perayaan ekaristi diadakan di kapel sementara sabtu sore diadakan di gereja lantai dua. Yang paling menariknya nih,setiap hari sebelum merayakan perayaan ekaristi kita akan melantunkan doa rosario dalam aneka bahasa. Tergantung yang memimpinnya. Tapi sejauh yang saya ikuti hingga saat ini doa rosario sering dibawakan dalam 5 bahasa yakni bahasa tamil,batak toba,mandarin,inggris dan bahasa indonesia. Kadang-kadang masuk bahsa karo dan bahasa simalungun.

Graha Maria Annai Velangkanni ini menjadi Pusat peziarahan rohani yang dibangun oleh Keuskupan Agung medan . Bangunan ini Âterdiri dari Aula,gereja pada lantai dua dan juga beberapa kapel sebagai tempat doa dilengkapi dengan toko rohani. Owh iya saya lupa,disana tersedia air kudus yang berasal dari patung Bunda Maria yang berada di kapel utama. Air kudus ini menjadi suatu keyakinan bagi setiap pengunjung bahwa doa-doa permohonannya akan terkabul.

Setiap kali kita berkunjung ke velangkanni kita akan bertemu Pater James ,SJ. Pater yang asli berdarah india,beliaulah yang menjadi pelaksana dan penanggung jawab tempat ziarah itu hingga saat ini.Selain itu juga ada suster KSSY dan Suster SOSFX yang bertugas disana. Tugas mereka ialah sebagai pelayan sekaligus penerjemah bagi mereka yang datang dari luar daerah. Emang ada turis datang kesana ? Eh,jangan salah. Yang sering berkunjung ke velangkanni itu adalah orang-orang luar Âloh. Yang terakhir kalinya kami misa bersama rombongan dari kuala lumpur.

VIDEO PILIHAN