Bandara Ahmad Yani Semarang Tutup Sementara Akibat Banjir

Bandara Ahmad Yani Semarang Tutup Sementara Akibat Banjir

Terbaiknews - KOMPAS.com – Bandara Internasional Jenderal Ahmad YaniSemarangJawa Tengah untuk sementara...

KOMPAS.com – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah untuk sementara tidak beroperasi akibat terdampak banjir.

Seperti tertera dalam rilis yang diterima Kompas.com, hal tersebut diakibatkan tingginya curah hujan dan cuaca buruk yang terjadi sejak Jumat (5/2/2021) malam.

Pengelola Bandara Ahmad Yani telah melakukan penutupan runway sejak Sabtu (6/2/2021) hingga Minggu (7/2/2021) pukul 06.00 WIB. Namun penutupan tersebut tetap akan melihat perkembangan situasi selanjutnya.

Hingga kini, kondisi runway masih terdapat genangan air dan Foreign Object Damage (FOD) yang dapat mengganggu operasional penerbangan jika terdapat pesawat yang landing atau take off.

Kabupaten Semarang Tutup Tempat Wisata dan Rumah Makan Selama Jateng di Rumah Saja

Maka dari itu, petugas bandara terus mengawasi dan melakukan pembersihan pada area runway serta optimalisasi pengaktifan 54 unit pompa di area bandara sampai keadaan runway dinyatakan aman dan siap untuk beroperasi.

“Sampai dengan saat ini terdapat 21 penerbangan yang terdampak baik kedatangan maupun keberangkatan dengan rute penerbangan dari dan ke Jakarta, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Surabaya, dan Makassar,” kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Hardi Ariyanto.

Bandara Ahmad Yani Semarang Tutup Sementara Akibat BanjirKOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis (19/7/2018).

Ia melanjutkan, seluruhpenumpang yang melakukan perjalanan pada Sabtu (6/2/2021) akan dilakukan reschedule (penjadwalan ulang) pada penerbangan esok harinya.

Pihak maskapai akan segera mengirimkan pesan singkat pada seluruh penumpang yang belum menuju bandara agar mengetahui kondisi bandara saat ini.

Dengan akses menuju bandara yang juga terdampak banjir, pengelola bandara telah melakukan bantuan mobilisasi ke area depan Museum Ronggowarsito untuk menghindari akses yang banjir.

6 Tempat Wisata di Sekitar Semarang yang Wajib Dikunjungi

Kondisi di area terminal Bandara Ahmad Yani saat ini masih cukup kondusif dan tidak terjadi penumpukan penumpang.

Para petugas memberikan indormasi pemberhentian operasional penerbangan hari ini serta mengarahkan penumpang menuju area pick up zone untuk keluar dari bandara menggunakan kendaraan yang telah disediakan.

Jika terdapat penumpang yang menanyakan perihal refund atau reschedule penerbangannya, maka akan diarahkan ke customer service maskapai terkait.