Tinggal Colok Tumbuh, 5 Tanaman Hias Rambat Anti Ribet

Tinggal Colok Tumbuh, 5 Tanaman Hias Rambat Anti Ribet

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Tanaman hias sedang jadi tren. Ada beberapa jenis tanaman hiastermasuk...

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias sedang jadi tren. Ada beberapa jenis tanaman hias, termasuk yang merambat.

Beberapa tanaman hias rambat dikenal sebagai tanaman yang gampang tumbuh dan tidak memerlukan perawatan ekstra.


Berikut adalah beberapa diantaranya dikutip CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

1. Heartleaf Philodendron

Tanaman hias gantung dan merambat ini bisa diletakkan di dalam ruangan. Ini lantaran Heartleaf Philodendron mampu bertahan hidup dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Tanaman yang masih dalam kerabat Araceae ini tergolong cepat sekali tumbuh dan mencapai panjang 3-6 meter. Daunnya hijau tua mengilap berbentuk hati dengan rata-rata panjang 30 cm. Cukup besar untuk ukuran daun tanaman rambat.

Anda bisa menggantungnya di pot keranjang, kemudian letakkan tiang lumut di tengah-tengah supaya pertumbuhan philodendron ini menjalar.

2. Syngonium

Sering disebut juga tanaman Arrowhead, ini merupakan tanaman hias rambat terbaik untuk dalam ruangan. Daunnya lebat, berukuran cukup besar, dan berbentuk kepala panah.

Pencinta tanaman hias biasa menjadikan tanaman ini sebagai hiasan gantung yang menjuntai. Sementara jika tak terlalu banyak dipangkas, syngoniumlama-kelamaan dapat tumbuh merambat.

Syngonium Mojito (Ist Tokopedia)Foto: Syngonium Mojito (Ist Tokopedia)
Syngonium Mojito (Ist Tokopedia)

3. Antigonon

Sering disebut tanaman air mata pengantin, tanaman rambat ini memiliki khas dengan warna bunga merah jambu keunguan.

Tanaman hias ini tergolong cepat. Air mata pengantin dapat tumbuh di pekarangan atau kebun hingga 6 meter, sedangkan di alam liar tingginya mencapai 9-12 meter dalam waktu 2-5 tahun.

Tinggal Colok Tumbuh, 5 Tanaman Hias Rambat Anti RibetFoto: antiigonon (Ist Bishnu Sarangi from Pixabay)
antiigonon (Ist Bishnu Sarangi from Pixabay)

4. English Ivy

Tanaman ini tergolong tanaman hias merambat terbaik lantaran kuat dan mampu beradaptasi dalam beragam kondisi, tanpa bantuan manusia sekalipun.

Tanaman ivy menyukai tempat dengan cahaya redup, sehingga banyak dijadikan sebagai hiasan di kamar mandi. Dengan perawatan sederhana, tanaman ivy bisa tumbuh merambat mencapai panjang 30 meter.

Tinggal Colok Tumbuh, 5 Tanaman Hias Rambat Anti RibetFoto: English Ivy. Ist
English Ivy. Ist

5. Kembang Telang

Tanaman kembang telang dapat mencapai panjang sampai 3 meter, dengan masing-masing sulur (batang panjat) 30 cm - 2,5 meter.

Bunganya yang berwarna biru dan ungu terang membuatnya banyak ditanam di pekarangan rumah. Selain sebagai dekorasi taman, tanaman ini juga memiliki manfaat pertanian dan khasiat medis berdasarkan sejumlah penelitian.

Tinggal Colok Tumbuh, 5 Tanaman Hias Rambat Anti RibetFoto: Clitoria ternatea , Kembang Talang (Ist Ganesh balasubramanyam via Pixabay )
Clitoria ternatea , Kembang Talang (Ist Ganesh balasubramanyam via Pixabay )

6. Sirih Gading

Merupakan jenis merambat yang populer yang daunnya berwarna hijau cerah kekuningan. Tanaman ini dapat memberikan kesan lebih hidup pada ruangan.

Perawatan sirih gading pun tergolong sangat mudah sehingga sangat cocok untuk pemula. Tanaman hias sirih gading dapat tumbuh subur dalam cahaya terang namun tidak terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat daunnya kering.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

COVID-19 Detais Indonesia