4 Peran Berbeda Dilakoni Phil Foden Saat Hadapi Liverpool

4 Peran Berbeda Dilakoni Phil Foden Saat Hadapi Liverpool

Terbaiknews - - Gelandang serang Manchester CityPhil Fodenberperan besar dalam kemenangan telak 4-1 timnya...

- Gelandang serang Manchester City, Phil Foden, berperan besar dalam kemenangan telak 4-1 timnya atas Liverpool dalam lanjutan kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League 2020-2021, pada Minggu (7/2/2021) malam WIB.

Phil Foden memberi kontribusi berupa satu gol serta satu assist untuk gol Ilkay Guendogan pada laga yang digelar di Stadion Anfield tersebut.

Kontribusi penting Phil Foden semakin mengagumkan karena ia tidak turun di posisi aslinya sebagai gelandang serang, melainkan mengisi pos penyerang tengah dalam susunan tiga pemain depan Man City pada awal laga.

Penulis sekaligus analis taktik sepak bola kawakan, Michael Cox, menyebut Phil Foden secara total menjalani empat peran berbeda untuk skuad The Citizens saat meraih kemenangan telak atas Liverpool.

Liverpool Vs Man City, Phil Foden Bintang Termuda Perusak Anfield

Seperti dilansir dari laman The Athletic, Cox melihat Foden mengawali laga dengan tugas sebagai sosok false-ninedalam lini serang skuad arahan pelatih Pep Guardiola tersebut.

Tugas utama pemain 20 tahun itu bukan menjadi ujung tombak tim, melainkan untuk turun ke lini tengah guna mendapatkan suplai umpan sekaligus memotong aliran bola Liverpool.

Dalam menjalani perannya ini, Foden kerap berduel dengan gelandang Liverpool seperti Thiago Alcantara dan Curtis Jones untuk memenangkan bola kedua bagi skuad Man City.

Ketika sudah menguasai bola di lini tengah, tugas berikut dari Foden adalah meneruskannya kepada dua penyerang sayap yakni Riyad Mahrez maupun Raheem Sterling.

Memasuki paruh kedua pertandingan, Foden akhirnya dibebankan tugas sebagai penyerang tengah murni seiring bergantinya pola permainan Man City dari 4-3-3 menuju 4-2-3-1.

Hebatnya, Ia sanggup merepotkan duet Fabinho dan Jordan Henderson di jantung pertahanan Liverpool.