Sempat Ditutup Akibat Banjir, Bandara Ahmad Yani Kembali Layani 26 Penerbangan

Sempat Ditutup Akibat Banjir, Bandara Ahmad Yani Kembali Layani 26 Penerbangan

Terbaiknews - - Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang kembali dibuka pada Minggu (7/2/2021) pagi pukul 06.00...

, - Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang kembali dibuka pada Minggu (7/2/2021) pagi pukul 06.00 WIB.

Bandara tersebut sempat ditutup seharian karena terdapat genangan di landas pacu (runway) akibat curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut.

Kembali beroperasinya Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang hari ini sejalan dengan terbitnya NOTAM_notice to airmen) Nomor B0186/21 NOTAMR B0182/21 perihal RWY13/31 Beroperasi Normal.

Menhub: Bandara Ahmad Yani yang Terdampak Banjir Mulai Bisa Digunakan

“Dilaporkan petugas lapangandi BandaraJenderal Ahmad Yani Semarang pada subuh tadi bahwa kondisi runway sudah tidak terdapat genangan. Sedikit genangan hanya terdapat bagian tepi atau pave shoulder. Kami selalu memantau perkembangan cuaca, situasi di lapangan dan berkoordinasi intens dengan maskapai serta stakeholder lainnya untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan," ujar Vice President Corporate SecretaryPT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan, Minggu.

Handy menambahkan, sejak semalam hingga pagi hari pihaknya melakukan pengeringan menggunakan 54 pompa untuk menyedot genangan air yang tersisa.

Selain itu, dilakukanpembersihan area runway menggunakan kendaraan runway sweeper untuk membersihkan foreign object damage (FOD), serta genangan air yang berada di area tersebut.

Tak hanya itu, kendaraan birdstrike juga selalu digunakan untuk mengusir burung-burung yang berada di bahu runway.

Semarang Banjir Parah, Menteri PUPR: Karena Curah Hujan Ekstrem

Adapun pada hari ini dijadwalkanterdapat 26 penerbangan, yang terdiri dari13 kedatangan dan 13 keberangkatan dengan rute penerbangan Jakarta, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Denpasar, Surabaya, dan Makassar.

Terdapat satu penerbangan yang batal pada hari ini, yaitu Wings Air IW 1802 rute Semarang – Denpasar yang awalnya direncanakan berangkat pukul 06.00 WIB.

Penerbangan pertama telah diberangkatkan pada pukul 06.30 WIB adalah Wings Air IW 1800 rute Semarang – Surabaya.

Sementara untuk pesawat yang pertama kali mendarat pada pukul 06.55 WIB adalah Garuda Indonesia GA 232.

“Kondisi di terminal pun cukup kondusif. Tidak terdapat penumpukkan penumpang sehingga penerapan protokol kesehatan dapat dilakukan dengan optimal. Kami juga berharap agar kondisicuaca semakin membaik agar kegiatanoperasional penerbangan dapat berjalan lancar," kata Handy.