Waspada, Manchester United Telah 13 Kali Kebobolan via Set Pieces

Waspada, Manchester United Telah 13 Kali Kebobolan via Set Pieces

Terbaiknews - Penyerang Everton Dominic Calvert-Lewin merayakan gol ketiga timnya ke gawang Manchester United. (Michael Regan / POOL / AFP)

Set pieces seperti pedang bermata dua bagi Manchester United di Premier League musim ini. Di satu sisi, set pieces sering menguntungkan seiring berbuah 12 gol dari total 49 gol. Di sisi lain, United juga banyak dirugikan karena skema set pieces.

Contohnya di Old Trafford kemarin (7/2). Kemenangan di depan mata United atas Everton buyar gara-gara gol pada menit kelima injury time striker Dominic Calvert-Lewin.

Gol penyama 3-3 itu berawal dari tendangan bebas bek kiri Lucas Digne yang bisa dibelokkan bek tengah Michael Keane ke arah Calvert-Lewin.

Itulah gol dari set pieces ke-13 yang bersarang ke gawang United musim ini di berbagai ajang. Tiga dari tendangan bebas dan sisanya dari sepak pojok.

Gelandang serang United Bruno Fernandes yang sering jadi pencetak gol The Red Devils via set pieces sangat kecewa dengan cara klubnya kebobolan kemarin.

’’Tim kami sudah sering melakukan kesalahan seperti ini. Kami sudah tidak seharusnya terus-terusan kebobolan dengan cara seperti itu,’’ keluhnya kepada MUTV.

Manchester Evening News menyebut, setiap kali United menghadapi set pieces dari klub lawan, pelatih kiper Richard Hartis atau asistennya, Craig Mawson, langsung memberikan instruksi di lapangan. Sayang, instruksi itu sering tidak didengar para pemain.

Manajer United Ole Gunnar Solskjaer tidak memungkirinya. Namun, Solskjaer tak mau menyalahkan anak asuhnya. ”Kami tahu kami bisa lebih baik ketika menghadapi situasi seperti itu lagi (set piece, Red). Kami harus berhenti kebobolan oleh gol mudah,” tutur Ole sebagaimana dilansir Sky Sports.