Sepanjang 2020, 5 Instansi Ini Paling Banyak Dilaporkan ke Ombudsman

Sepanjang 2020, 5 Instansi Ini Paling Banyak Dilaporkan ke Ombudsman

Terbaiknews - - Ombudsman RI mengungkapkanpemerintah daerah menjadi instansi yang paling banyak dilaporkan...

, - Ombudsman RI mengungkapkan, pemerintah daerah menjadi instansi yang paling banyak dilaporkan oleh masyarakat sepanjang 2020. Pelaporan disampaikan terhadap dinas-dinas di pemda.

“Di pemerintah daerah ini, di dalamnya ada layanan kesehatan oleh dinas-dinas, oleh satuan-satuan kerja di pemda yang memberikan pelayanan, dan totalnya mencapai 39 persen lebih,” kata anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih dalam konferensi pers daring, Senin (8/2/2021).

Pasien Covid-19 Meningkat, Ombudsman Sebut Limbah Medis Bisa 200 Ton Per Hari

instansi kedua yang paling banyak dilaporkan masyarakat kepada Ombudsman di tahun 2020 adalah kepolisian dengan total 11,34 persen.

Kemudian, Badan Pertahanan Nasional (10,01 persen), instansi pemerintah pusat atau kementerian (9,44 persen), serta BUMN atau BUMD (8,27 persen).

Alamsyah menuturkan, instansi yang paling banyak dilaporkan setiap tahunnya tidak lepas dari lembaga-lembaga tersebut.

“Urutan-urutan ini secara tiap tahun kami lihat tetap instansi lima besarnya tidak jauh dari itu, hanya bergeser-geser, kadang kali ini kepolisian agak naik, kadang yang atas turun,” tuturnya.

Menurut Alamsyah, hal itu menunjukkan kelima instansi tersebut memiliki beban permintaan pelayanan paripurna dari masyarakat yang cukup tinggi.

Temuan Ombudsman: Limbah Medis Diangkut dengan Ambulans hingga Ojek Online

Ke depannya, ia pun menyarankan agar Ombudsman serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) membahas hal ini.

“Di kemudian hari, mungkin Pak Tjahjo (Menpan RB), kita perlu melihat problem sistemik apa sebetulnya di balik itu yang ada sehingga mungkin perlu kita lakukan perbaikan-perbaikan dari segi regulasi,” ucap dia.

COVID-19 Detais Indonesia