Sempurnakan Identitas Menjadi Laki-laki, Anang Jalani Operasi Lanjutan

Sempurnakan Identitas Menjadi Laki-laki, Anang Jalani Operasi Lanjutan

Terbaiknews - PERSIAPAN: Anang Soetomo sudah berada di Ruang Seruni RSKK untuk menjalani operasi hari inikemarin (7/2). (DEWI AYU NINGTYAS - radar kediri)

JawaPos.com – Anang Soetomo merasa gembira. Namun, dia mengaku deg-degan. Musababnya, Penderita kelainan bawaan (sexual ambiguity) asal Desa Selopanggung, Kecamatan Semen itu akan menjalani operasi tahap ketiganya hari ini, Senin (8/2), setelah menunggu cukup lama.

Operasi untuk menyempurnakan identitas Anang menjadi laki-laki ini tempatnya tidak lagi di RSUD Dr Soetomo seperti dua operasi sebelumnya. Pelaksanaan kali ini dilakukan di RSUD Kabupaten Kediri (RSKK) di Pare. Sebab, peralatan dan fasilitas RSKK sudah mampu melakukannya. “Alhamdulillahsaya sudah mau operasi,” tutur Anang.

Kepastian pelaksanaan operasi yang jatuh hari ini (8/2) telah disampaikan secara langsung oleh perawat yang bertugas. Perempuan berseragam dinas biru muda itu menyampaikan pada Anang agar bersih diri dan menjalani puasa mulai pukul 24.00 tadi malam.

Anang mulai kemarin sore sudah berada di RSKK. Menempati ruang Seruni dia didampingi sang ibu, Tutik. Anang melakukan beberapa persiapan untuk menghadapi operasi hari ini.
“Sejak kemarin malam ibu mempersiapkan baju dan perlengkapan lain,” terang remaja lulusan SMPN 2 Semen itu.

KepadaJawa Pos Radar Kediri, remaja Dusun Tunggul inimengungkapkan perasaan campur aduk menghadapi operasi. Hal tersebut disebabkan sudah empat tahun lalu operasi terakhir dilakukan.

“Sayadeg-degan.Besok (hari ini, Red) mau operasi. Tapi lega sudah pasti besok (hari ini, Red) operasinya tidak menunggu lama,” akunya.

Sampai di tahap ini, Remaja bertubuh kurus itu telah menyelesaikan proses administrasi. Dia mendapat dukungan penuh oleh Pemerintah Desa Selopanggung. Seperti saat ini, keberangkatannya ke RSKK pun juga didampingi oleh Kaur Kesra M. Masturi Rohmatullah dan staf desa bagian TU Kumbang Ali Sapto Nugroho.

Sebelum menjalani operasi hari ini Anang juga telah melalui berbagai pemeriksaan. Proses itu sudah berlangsung sejak Rabu (3/2). Hasil dari pemeriksaan tersebut, dokter spesialis urologi dr Dodo Wikanto akhirnya memberikan diagnosa.

Berdasarkan diagnosa itu, Anang masih harus menjalani tiga tahapan operasi lagi.Yaitu penurunan testis sebelah kanan (orchidoplasty), penyatuan skrotum yang terbelah (repair skrotum),dan pembuatan saluran kencing dari uretra sampai penis (urethroplasty).

Berdasarkan pemeriksaan itu pula hari ini Anang akan menjalani operasi tahap pertama. Yakni penurunan testis bagian kanan (orchidoplasty).

Hasil Operasi Ganti Kelaminnya Gagal, Ratu Waria ini Ditinggal Pacar

Anang Soetomo sebelumnya terlahir dengan beridentitas perempuan bernama Ani Kasanah. Dia pernah menjalani operasi penyempurnaan kelamin sebanyak dua kali di RS Dr Soetomo Surabaya. Operasi tersebut dilakukan tahun 2015-2016. Namun, untuk operasi ketiga tertunda sejak empat tahun lalu.

Saat ini perjuangan Anang mendapatkan identitasnya telah dimulai lagi. Dengan operasi hari ini, tahapannya untuk mendapatkan legalitas identitas semakin dekat untuk tahap persidangan.

Tutik, sang ibu, tak bisa menutupi kegembiraan menyambut operasi tahap ketiga ini. “Sampun lego ngoten, lha piyambake bade teng pundi-pundi mboten gadah KTP. Manton operasi saget gantos KK kalih ndamel KTP(sudah lega, anaknya mau ke mana-mana tidak punya KTP. Setelah operasi bisa ganti KK dan membuat KTP,Red),” ungkap perempuan berperawakan kurus itu.

Perjalanan Panjang Mencari Jati Diri

Tahun 2015-2016 menjalani operasi di RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Desember 2015: Pemeriksaan dan memastikan kromosom Anang 46 XY dan operasi tahap 1 untuk penurunan sel telur dan sunat.

Januari 2016: Operasi tahap II untuk penataan saluran kencing.

Tahun 2021 operasi di rumah sakit umum daerah Kabupaten Kediri (RSKK)

Februari, Operasi tahap III untuk penerunan sel telur sebelah kanan (Orchidoplasty)

Operasi IV untuk penyatuan skrotum yang terbelah (Repair skrotum)

Operasi V untuk pembuatan saluran kencing dari uretra sampai penis (Urethroplasty).

Saksikan video menarik berikut ini: