Sabar Ya! Nasib Kartu Prakerja Lagi Dibahas Nih

Sabar Ya! Nasib Kartu Prakerja Lagi Dibahas Nih

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Pertanyaan kapan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 12 terus...

Jakarta, CNBC Indonesia - Pertanyaan kapan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 12 terus mengemuka, namun sampai saat ini pemerintah belum bisa memastikan kapan akan dibuka.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir mengatakan, mekanisme program Kartu Prakerja gelombang 12 masih terus dibahas.


"Kartu Prakerja lagi kita bahas kapan mulainya. Nanti akan diinfokan," ujarnya dalam video conference, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengatakan, sampai saat ini PMO Prakerja dengan Komite Cipta Kerja (KCK) masih melakukan finalisasi terkait mekanisme dan teknis pelaksanaannya.

"Begitu sudah ada titik terang, akan segera saya sampaikan," ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada CNBC Indonesia Januari lalu.

Untuk diketahui, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan program Kartu Prakerja tahun ini, dengan alokasi anggaran Rp 10 triliun. Alokasi anggaran ini setengah dari anggaran 2020 yang sebesar Rp 20 triliun.

Adapun jumlah penerima program Kartu Prakerja sejak 11 April hingga 23 November 2020, telah mencapai 5,6 juta orang atau sesuai target kuota yang ditetapkan.

Pelaksanaan program pada 2020 berhenti pada gelombang ke-11 dengan total jumlah pendaftar program mencapai 43 juta orang. Peserta yang sudah mengikuti program pada 2020 tidak bisa mendaftar lagi di tahun ini.

Halaman 2>>