Saat Jokowi Minta Rakyat Lebih Aktif Sampaikan Kritik

Saat Jokowi Minta Rakyat Lebih Aktif Sampaikan Kritik

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat lebih aktif menyampaikan...

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat lebih aktif menyampaikan kritik terhadap kinerja pemerintah, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan secara virtual dalam peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI Tahun 2020, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (9/2/2021).

"Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik, masukan, atau potensi maladministrasi, dan pelayanan publik harus terus meningkatkan upaya perbaikan-perbaikan," kata Jokowi.


Jokowi menegaskan pelayanan publik merupakan wajah konkret kehadiran negara dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, hal itu tidak bisa diganggu gugat.

"Negara disebutkan hadir jika mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang prima, yang cepat, yang profesional dan berkeadilan. Mewujudkan pelayanan publik yang prima memerlukan ikhtiar yang berkelanjutan," kata Jokowi.

"Memerlukan transformasi sistem, memerlukan tata kelola, membutuhkan perubahan mindset dan budaya kerja birokrasi kita dari budaya senang dilayani menjadi budaya melayani," lanjutnya.

Jokowi menegaskan pemerintah masih memiliki pekerjaan besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi yang selama ini kaku, terjebak pada hal yang bersifat prosedural maupun administratif.

"Sekali lagi ini sebuah kerja besar kita bersama, memerlukan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat dan juga memerlukan pengawasan dari Ombudsman baik berupa input, baik berupa kritik dan dukungan," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)