PLN Pulihkan 92% Listrik Terdampak Banjir di Semarang

PLN Pulihkan 92% Listrik Terdampak Banjir di Semarang

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - PT PLN (Persero) berhasil memulihkan 92% pasokan listrik pada hari ketiga...

Jakarta, CNBC Indonesia - PT PLN (Persero) berhasil memulihkan 92% pasokan listrik pada hari ketiga setelah banjir di Semarang, Jawa Tengah. Pemulihan dilakukan dengan memastikan keamanan dan keselamatan bagi masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Feby Joko Priharto.

"Hari ketiga pascabanjir di Semarang, 92% sistem kelistrikan berangsur pulih," ungkap Feby, seperti dikutip dari keterangan resmi perseroan, Senin (08/02/2021).


"Sampai dengan pukul 15.00 WIB, dari 1.069 gardu yang terdampak banjir, 84 diantaranya masih padam. Sementara untuk pelanggan terdampak, 93% sudah menyala, artinya 60.193 dari 64.840 pelanggan sudah normal menikmati pasokan listrik," lanjutnya.

Sejumlah daerah yang masih terdampak diantaranya kawasan industri LIK Semarang, Gebang Anom, Kaligawe, Terboyo, dan Trimulyo.

Menurut Feby, lokasi tersebut belum dapat dilakukan pemulihan disebabkan air yang masih menggenang, sehingga keselamatan masyarakat harus diutamakan.

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan di musim hujan dan banjir. Masyarakat diimbau untuk matikan instalasi listrik di rumah, cabut semua peralatan elektronik dari stop kontak, dan apabila aliran listrik yang terkena air tidak padam, masyarakat bisa melaporkan melalui aplikasi New PLN Mobile.

Di sela-sela tinjauannya, Feby juga menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh tim pemulihan jaringan yang terus bekerja keras sehingga pelanggan dapat menikmati listrik kembali.

"Tetap semangat, utamakan keselamatan, semoga lelah ini menjadi lillah, ladang amal bagi kita semua," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, PLN melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) juga menyalurkan bantuan berupa 250 paket sembako senilai 30 juta rupiah kepada PLH kepala pelaksana BPBD Provinsi Jawa Tengah, Arif Wahyudi.

"Bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat yang terdampak banjir. Kami ucapkan terima kasih kepada PLN dan bantuan ini akan kami salurkan kepada mereka yang membutuhkan," ungkap Arif.

Seperti diketahui, bantuan YBM merupakan bersumber dari para pegawai PLN yang menyalurkan zakat setiap bulannya.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban para korban yang terdampak banjir. Mudah-mudahan menjadi berkah," tutup Feby.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)