Pemkot Banjarmasin Ikut Terapkan PPKM Berskala Mikro

Pemkot Banjarmasin Ikut Terapkan PPKM Berskala Mikro

Terbaiknews - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina. (Antara)

–Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengikuti penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro seperti di Pulau Jawa dan Bali. Kebijakan itu dilaksanakan selama dua pekan ke depan.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin menyatakan, sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 3 Tahun 2021 tentang penanganan Covid-19, Kota Banjarmasin mengikuti penerapan PPKM berskala mikro.

”Kita terapkan PPKM mikro ini sejak 9 sampai 22 Februari,” ujar Ibnu Sina.

Sebenarnya, menurut Ibnu Sina, penerapan PPKM mikro seperti penerapan pembatasan sosial berskala kecil (PSBK) yang dulu pernah diterapkan Kota Banjarmasin. Kota Banjarmasin menghidupkan kembali penerapan protokol kesehatan ketat di lingkungan kelurahan, RW, atau RT.

”Kampung-kampung tangguh juga dihidupkan kembali,” papar Ibnu Sina.

Ibnu Sina menilai, penerapan PPKM yang sudah dua kali mengalami perpanjangan dianggap cukup efektif menguatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menaati protokol kesehatan.

”Aparat juga rutin melakukan patroli setiap malam. Intinya kita menguatkan lagi ketaatan protokol kesehatan,” tutur Ibnu Sina.

Untuk data kasus positif Covid-19 di Kota Banjarmasin hingga 7 Februari total sebanyak 4.727 orang, sembuh sebanyak 4.160 orang, dan meninggal dunia sebanyak 184 orang.

Saksikan video menarik berikut ini: