Mulai Beroperasi, Bandara Ahmad Yani Layani 26 Penerbangan

Mulai Beroperasi, Bandara Ahmad Yani Layani 26 Penerbangan

Terbaiknews - SemarangIDN Times - Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang...

Semarang, IDN Times - Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang berangsur normal, pasca-banjir melanda bandara tersebut dan Kota Semarang, sejakSabtu, 6 Februari 2021.

Pada hari ini, Minggu (7/2/2021), sudah ada 26 penerbangan yang beroperasi di bandara yang sempat tergenang banjir hingga 60 sentimeter itu.

1. Bandara Ahmad Yani sudah melayani 26 penerbangan

Mulai Beroperasi, Bandara Ahmad Yani Layani 26 PenerbanganDok. PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani SemarangHardi Ariyanto mengatakan, hari ini ada 26 penerbangan yang beroperasi di bandara tersebut. Antara lain 13 penerbangan yang datang dan 13 penerbangan yang berangkat dengan rute penerbangan Jakarta, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Denpasar, Surabaya, dan Makassar.

Kendati, masih ada satu penerbangan yang dibatalkan pada hari ini, yaitu Wings Air IW 1802 tujuan Semarang-Denpasar. Meski demikian, penerbangan pertama maskapai penerbangan tersebut sudah ada yang diberangkatkan pada pukul 06.30 WIB, Wings Air IW 1800 tujuan Semarang-Surabaya.Sementara, pesawat yang pertama kali mendarat pada pukul 06.55 WIB adalah Garuda Indonesia GA 232.

“Berdasarkan data yang didapatkan dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) bahwa curah hujan rata-rata di BMKG Ahmad Yani pada Februari 2021 selama 30 tahun (1990-2019) adalah sebanyak 357,5 milimeter (mm). Sedangkan pada 5-6 Februari 2021 kemarin kriteria hujan di Kota Semarang dan sekitarnya berada pada kategori ekstrem, yaitu lebih dari 150 mm per hari," kata Hardi.

Maka dari itu, Hardi melanjutkan, dengan adanya langkah-langkah antisipasi menghadapi musim hujan, pihaknya berharap cuaca segera membaik, sehingga aktivitas penerbangan di Bandara Ahmad Yani dapat berjalan normal kembali.

2. Sudah dikeluarkan Notam opersional bandara kembali normal

Mulai Beroperasi, Bandara Ahmad Yani Layani 26 PenerbanganDok. PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang kembali beroperasi normal sejak Minggu (7/2/2021) pukul 06.00 WIB, sesuai terbitnya Notice To Airmen (Notam)Nomor B0186/21 NOTAMR B0182/21 perihal RWY 13/31 Beroperasi Normal.

Meski sudah beroperasi normal, Hardi mengatakan, pihaknya akan selalu memonitor keadaan di lapangan, guna memantau perkembangan cuaca dan trafik pesawat, penumpang, dan kargo.

"Penanganan khusus yang telah kami lakukan sejak tadi malam (6 Februari 2021) sampai dengan pagi hari saat sebelum operasional adalah melakukan pengeringan dan pembersihan area landas pacu (runway), menggunakan kendaraan Runway Sweeper untuk membersihkan Foreign Object Damage (FOD), serta genangan air yang berada di area runway dan taxiway. Selain itu, kendaraan birdstrike juga selalu digunakan untuk mengusir burung-burung yang berada di bahu runway,” ujarnya dalam keterangan resmi.

3. PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani juga memonitor perkembangan cuaca

Mulai Beroperasi, Bandara Ahmad Yani Layani 26 PenerbanganDok. PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang

Selain itu, Hardi menyatakan, pihaknya juga selalu menginspeksi pada sisi udara secara rutin sebanyak tiga kali dalam sehari. Yakni sebelum jam operasional pagi hari, saat jam operasional siang hari, dan setelah jam operasional selesai pada malam hari. Hal tersebut untuk memastikan sisi udara selalu dalam keadaan aman dan siap beroperasi.

Namun, saat musim hujan, kata dia, jadwal inspeksi ditambah sesaat setelah hujan reda, guna memastikan tidak adanya genangan air di bandara yang dapat mengganggu proses takeoff maupun landing pesawat.

"Apabila ditemukan adanya genangan air, petugas pada saat itu juga akan melakukan pembersihan dengan menggunakan kendaraan runway sweeper," ucap Hardi.

https://www.youtube.com/embed/VGNsGK4D18c