Katulampa Siaga 3, Banjir Kiriman Diperkirakan Tiba di DKI Sore Hari

Katulampa Siaga 3, Banjir Kiriman Diperkirakan Tiba di DKI Sore Hari

Terbaiknews - BogorIDN Times - Kawasan PuncakBogorsejak Minggu (7/2/2021) dini hari diguyur hujan deras,...

Bogor, IDN Times - Kawasan Puncak, Bogor, sejak Minggu (7/2/2021) dini hari diguyur hujan deras, sehingga ketinggian muka air di Bendung Katulampa meningkat menjadi 120 sentimeter, atau berstatus Siaga 3.

Dengan ketinggian muka air Bendung Katulampa, diharapkan masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung agar tetap bersiaga. Banjir kiriman dari Bogor di wilayah DKI diperkirakan terjadi pada sore hari.

1. Bendung Katulampa Siaga 3 sejak pagi

Katulampa Siaga 3, Banjir Kiriman Diperkirakan Tiba di DKI Sore HariBendung Katulampa (Antaranews/HO/Bendung Katulampa)

Kepala Jaga Bendung KatulampaAndi Sudirman mengatakan, awalnya kenaikan terjadi pada pukul 06.00 WIB yang mencapai 130 sentimeter. Kemudian turun pukul 08.00 WIB menjadi 120 sentimeter.

"Statusnya Siaga 3," kata Andi, Minggu (7/2/2021).

2. Banjir kiriman diperkirakan sampai Jakarta sekitar 9-12 jam

Katulampa Siaga 3, Banjir Kiriman Diperkirakan Tiba di DKI Sore HariSuasana saat banjir di Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Andi mengatakan sedikitnya ada sekitar 188.877 liter per detik air Sungai Ciliwung yang melintas di Bendung Katulampa menuju Jakarta. Air tersebut diperkirakan sampai Ibu Kota dalam waktu sekitar 9-12 jam ke depan, atau sekitar pukul 15.00 WIB.

"Saat ini kondisi di kawasan Puncak dan sekitarnya masih hujan. Kita akan terus koordinasi dengan pintu air lainnya untuk memantau ketinggian air," kata dia.

3. Bogor masih turun hujan

Katulampa Siaga 3, Banjir Kiriman Diperkirakan Tiba di DKI Sore HariIlustrasi hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Sementara, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Bogor dan sekitarnya masih diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga siang hari.

Kemudian, pada malam hari Bogor juga masih berpotensi hujan ringan berlanjut hingga dini hari. Suhu udara saat ini berkisar 17 hingga 25 Derajat Celsius.

Sedangkan, kelembapan udara 80 sampai 100 persen dengan kecepatan angin 5 sampai 30 kilometer per jam. Masyarakat pun diminta mewaspadai terjadinya hujan deras yang disertai angin kencang.