Catat Ya! Ini Deretan Bansos yang Cair 2021 dari Jokowi

Catat Ya! Ini Deretan Bansos yang Cair 2021 dari Jokowi

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan program bantuan sosial (bansos)...

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan program bantuan sosial (bansos) maupun perlindungan sosial bagi masyarakat akan kembali dilanjutkan pada tahun ini.

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam pagelaran Sidang MPL-PGI, beberapa waktu lalu, Jokowi mengatakan setidaknya ada sekitar tujuh program bantuan sosial yang akan kembali dilanjutkan.

"Di tahun 2021, program perlindungan sosial tetap dilanjutkan," kata JokowiÂdikutip Senin (8/2).


Berbagai program yang dimaksud antara lain program kartu sembako, program keluarga harapan, bantuan sosial tunai, kartu pra kerja, bantuan langsung tunai desa, insentif bagi tenaga kesehatan, serta insentif bagi pelaku UMKM.

"Ada insentif tenaga kesehatan dan pemberian insentif usaha, termasuk Bantuan Modal Kerja bagi UMKM agar mampu bertahan dan bergerak kembali," katanya.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan terus berupaya memulihkan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah, kata dia, pun telah menyiapkan anggaran yang cukup besar untuk mengatasi hal ini.

"Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 372,3 triliun untuk mendongkrak daya beli dan konsumsi masyarakat, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)