Bus Masuk Jurang, 2 Pejabat Kabupaten Agam Meninggal Dunia

Bus Masuk Jurang, 2 Pejabat Kabupaten Agam Meninggal Dunia

Terbaiknews - PadangIDN Times - Sebuah bus yang membawa rombongan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)...

Padang, IDN Times - Sebuah bus yang membawa rombongan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), mengalami kecelakaan saat perjalanan pulang dari Banda Aceh, Senin (8/2/2021) sekitar pukul 12.30 WIB. Bus itu masuk jurang tidak jauh dari Pondok Pesantren Purba, usai menabrak pembatas jembatan dan jatuh ke sungai sedalam 15 meter.

Dua pejabat penting Kabupaten Agamyakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Agam, Fauzan Helmi Hutasuhut dan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop UKM), Fatimah, tewas usai mengalami kecelakaan maut di Simpang Angin Barat Penyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara (Sumut).

“Peristiwanya terjadi siang usai Zuhur. Jenazah masih berada di Rumah Sakit,” kata Bupati Agam, Indra Catri, Senin (8/1/2021).

1. Total korban meninggal tiga orang

Bus Masuk Jurang, 2 Pejabat Kabupaten Agam Meninggal DuniaIlustrasi jenazah, IDN Times/ istimewa

Selain dua pejabat penting Kabupaten Agam, Sopir bus bernama David dilaporkan juga tewas dalam peristiwa itu. Sementara korban luka-luka saat ini masih dirawat di RSUD Penyabungan. Total korban dalam peristiwa bus nahas dengan nomor polisi BA 7015 OA itu berjumlah 17 orang.

“Jumlah penumpangnya ada 16 orang dari Kepala OPD Pemkab Agam, sopir, dan kernet,” kata Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Sekretaris Daerah Agam, Kasman Zaini.

2. Proses Administrasi

Bus Masuk Jurang, 2 Pejabat Kabupaten Agam Meninggal DuniaIlustrasi jenazah. IDN Times/Mardya Shakti

Ketiga jenazah korban bus nahas tersebut masih berada di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Penyabungan. Pemerintah Kabupaten Agam masih mengupayakan penyelesaian administrasi, agar ketiga jenazah bisa dibawa pulang ke rumah duka masing-masing.

Jenazah Fatimah rencananya akan dimakamkan di kampung kelahirannya di Jorong Jalikua, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, dan jenazah Fauzan Helmi akan dimakamkan di Nagari Koto Gadang, Kecamatan Tanjung Raya.

3. Daftar nama-nama korban

Bus Masuk Jurang, 2 Pejabat Kabupaten Agam Meninggal DuniaTangkapan layar bus nahas pemkab Agam, Sumatra Barat. Doc. IDN Times

Sebanyak 16 orang yang menjadi korban kecelakaan bus adalah adalah Erniwati (patah pada kaki kiri), Retmiwati (luka robek pada kening), Jetson, Arief Restu, Misran, Rahmi, Ermanto, Irman, Alank, Fauzan Helmi Hutasuhut, David, Aryati, Fatimah, Rina Efawani, Yandi, dan Dimas Dwi Putra.