Bandara Semarang Ditutup Sementara, 7 Penerbangan Tertunda 

Bandara Semarang Ditutup Sementara, 7 Penerbangan Tertunda 

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Tujuh penerbangan di Bandara Internasional Ahmad Yani Kota SemarangJawa...

Jakarta, IDN Times - Tujuh penerbangan di Bandara Internasional Ahmad Yani Kota Semarang, Jawa Tengah terpaksa harus ditunda pada Sabtu (6/2/2021). Hal tersebut terjadi lantaran banjir yang menggenangi landasan pacu (runway).

Penutupan sementara ini dikonfirmasi Relation Manager PT Angkasa Pura Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Heri Trisna Wibowo. Mereka selaku pengelola bandaramengeluarkan Notice to Airmen (NOTAM) Nomor : B0177/21 perihal RWY 13/31 tutup.

"Penutupan sementara ini menyusul adanya genangan air dirunway setelah dilakukan pengecekan secara rutin atau inspeksi di pagi hari akibat cuaca buruk dan hujan deras yang tak kunjung berhenti sejak tadi malam,” kata Heri seperti yang dikutip ANTARA.

Banjir yang menggenang landasan pacu Bandara Internasional Ahmad Yani ini terjadi akibat hujan deras selama hampir 10 jam yang mengguyur Kota Semarang.

1. Pembersihan area dilakukan menggunakan alat pompa

Bandara Semarang Ditutup Sementara, 7 Penerbangan Tertunda Ilustrasi banjir. ANTARA FOTO/Jojon

Pihak bandara melakukan upaya pembersihan area runway yang digenangi banjir dengan alat pompa. Pembersihan area landasan pacu ini menjadi alasan penutupan sementara. Hal itu dilakukan agar pembersihan area bisa dilakukan dengan maksimal.

"Kami bersama unit terkait mengaktifkan 54 unit pompa untuk menyedot genangan air, mudah-mudahan bisa segera teratasi," ujar Heri.

2. Daftar penerbangan yang tertunda di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani

Bandara Semarang Ditutup Sementara, 7 Penerbangan Tertunda Pengunjung mengamati pesawat Garuda Indonesia bercorak khusus dengan visual masker pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Banjir yang menggenangi landasan pacu penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, membuat penerbangan maskapai Garuda Indonesia GA 232 rute Jakarta-Semarang terpaksa dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya.

Selain itu, penerbangan Batik Air ID 6362 rute Jakarta-Semarang, Batik Air ID 6350 rute Jakarta-Semarang, Nam Air IN 195 rute Pangkalan Bun-Semarang, harus menunda penerbangan juga akibat cuaca buruk dan banjir di landasan pacu.

Wings Air IW 1806 rute Semarang-Pangkalan Bun, Garuda Indonesia GA 235 rute Semarang-Jakarta, Batik Air ID 7369 rute Semarang-Jakarta, dan Nam Air IN 196 rute Semarang-Pangkalan Bun mengalami hal serupa.

3. Penutupan sementara dilakukan sampai cuaca membaik

Bandara Semarang Ditutup Sementara, 7 Penerbangan Tertunda financialexpress com

Genangan banjir yang berada di landasan pacu (runway) disebabkan keadaan cuaca buruk bukan bukan pertama kalinya terjadi di Bandara Semarang ini.

Sampai saat ini petugas masih terus melakukan upaya pengecekan serta pembersihan area area bandara. Hal itu dilakukan agar bandara bisa kembali beroperasi dan tidak mengganggu lalu lintas penerbangan.

"Pengecekan dan pembersihan area sisi udara dan terminal masih dilakukan sampai dengan saat ini oleh para petugas," tukas Heri.