Bikin Belajar Makin Asyik, TikTok Luncurkan Program #SamaSamaBelajar

Bikin Belajar Makin Asyik, TikTok Luncurkan Program #SamaSamaBelajar

Terbaiknews - Program belajar di rumah dimanfaatkan TikTok meluncurkan program SamaSamaBelajar. Aplikasi video...

Program belajar di rumah dimanfaatkan TikTok meluncurkan program SamaSamaBelajar. Aplikasi video singkat ini ingin menemukan cara untuk membuat belajar menyenangkan di tengan pandemi Covid-19.

"Konten edukasi yang kreatif di platform seperti TikTok dapat membantu. Melalui , kami akan menyediakan dukungan terhadap pendidik, tenaga ahli profesional, dan nirlaba yang kemampuan dan keahliannya dapat membantu menyebarkan informasi edukasi dan materi yang berguna dalam format pembelajaran jarak jauh yang mudah dicerna,” kata Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina pada video conference belum lama ini.

Dia menambahkan, diharapkan dengan melihat video singkat TikTok, dapat menjadi alat untuk konten edukasi yang interaktif serta menarik. Program bertujuan memberdayakan sektor pendidikan di Indonesia dan akan menjadi gebrakan baru dalam memberikan kegiatan belajar yang berbeda.

Program ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, akan berlangsung hingga 2021, dan menawarkan serangkaian kegiatan untuk memperkaya pengetahuan serta menginspirasi orang lain untuk berbagi konten berbasis edukasi.

Berdasarkan Data Statistik Pendidikan Indonesia tahun 2018/2019, sebanyak 71.48 persen pelajar yang di rentang usia 5-24 tahun, atau disebut juga generasi Z, tercatat sebagai pengguna telepon selular dan 53.06 persen tercatat sebagai pengguna internet. Riset dari berbagai penyedia layanan telekomunikasi juga mencatat peningkatan hingga 15-30 persen terhadap penggunaan internet selama pandemi.

Bikin Belajar Makin Asyik, TikTok Luncurkan Program #SamaSamaBelajar
Program TikTok . [TikTok]

Hingga kini, tagar telah ditonton lebih dari 300 juta kali, dengan topik mulai dari teknologi, bahasa asing, kesehatan, kebudayaan, matematika, hingga tips menarik.

Bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, TikTok akan mengadakan serangkaian lokakarya dengan topik keamanan digital serta pengembangan konten kreatif untuk 3000 mahasiswa dan pelajar SMA di 15 kota di Indonesia, hingga tahun 2021. Lokakarya pertama telah diadakan di Bandung pada Februari 2020, dan akan dilanjutkan di kota-kota lainnya jika situasi sudah kondusif.

"Misi kami adalah untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan. TikTok tidak sekedar untuk joget-joget, tapi banyak ilmu yang bisa didapat," kata Donny.