Google Luncurkan Fitur Bersenandung untuk Mencari Lagu

Google Luncurkan Fitur Bersenandung untuk Mencari Lagu

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- GoogleÂmeluncurkan fiturÂpencarian baru pada Kamis (15/10)....

Jakarta, CNN Indonesia --

GoogleÂmeluncurkan fiturÂpencarian baru pada Kamis (15/10). Fitur baru itu, memungkinkan pengguna mencari lagu hanya bersenandung dalam beberapa bar.

Melansir CNN, Sabtu (17/10), fitur pencarian itu menjadi bagian dari aplikasi Google Mobile dan Google Assistant. Caranya, pengguna terlebih dulu mengatakan "Hai Google" kemudian dilanjutkan dengan "Lagu apa ini?" lalu bersenandung, bersiul, atau bernyanyi selama 10 hingga 15 detik.

Hasilnya, Google akan menampilkan beberapa kemungkinan lagu. Selain itu, Google juga menampilkan persentase kecocokan setiap lagu.


Fitur ini membantu pengguna yang kerap kali hanya mengingat potongan lirik maupun nada lagu di kepala. Tetapi, lupa akan judul atau keseluruhan lagu tersebut.

Google mengatakan fitur tersebut akan tersedia pertama kali dalam bahasa Inggris di iOS dan dalam lebih dari 20 bahasa di Google Android. Pengguna tidak perlu memiliki nada yang sempurna agar fitur tersebut berfungsi.

Sebetulnya, ide bersenandung untuk mencari lagu bukanlah ide baru. SoundHound, misalnya telah menawarkan fitur pengenalan lagu melalui senandung.

Cara kerja fitur baru itu, serupa dengan fitur pencarian Google lainnya. Pada dasarnya, perangkat lunak menganalisis lagu yang disenandungkan atau dinyanyikan, kemudian mengubahnya menjadi urutan angka.

Selanjutnya, perangkat lunak itu membandingkan dengan banyak lagu digital untuk menemukan beberapa lagu yang tampak serupa. Google sendiri telah bekerja menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengenali musik selama beberapa tahun.

Wakil Presiden Google, Aparna Chennapragada, meyakini fitur baru itu akan banyak diminati. Sebab, orang-orang bertanya kepada Google terkait lagu apa yang sedang diputar hampir 100 juta kali setiap bulannya sebelum fitur itu diluncurkan.

(ulf/ayp)
[Gambas:Video CNN]

COVID-19 Detais Indonesia