Wah! Hampir 1 Juta Orang Disuntik Vaksin Corona Sinopharm

Wah! Hampir 1 Juta Orang Disuntik Vaksin Corona Sinopharm

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Hampir satu juta Warga China telah menggunakan vaksin Covid-19...

Jakarta, CNBC Indonesia - Hampir satu juta Warga China telah menggunakan vaksin Covid-19 eksperimental yang dikembangkan oleh China National Pharmaceutical Group (Sinopharm). Ini merupakan pernyataan resmi perusahaan.

Vaksin tersebut disuntikkan dalam program penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA). China telah menyelenggarakan program penggunaan darurat sejak Juli 2020.

Beberapa warga China yang mendapatkan vaksin Sinopharm di antaranya karyawan proyek konstruksi, diplomat, dan siswa yang belajar ke luar negeri. Vaksin Sinopharm sedang melakukan uji klinis fase akhir di luar China dengan melibatkan 60.000 relawan, dan sampe sampel darah lebih dari 40.000 peserta.


Tidak ada efek samping merugikan dari mereka yang menerima vaksin dalam penggunaan darurat, ujar Sinopharm dalam sebuah artikel di media sosial WeChat, mengutip Chariman Sinopharm Liu Jingzhen seperti dikutip dari Reuters, Kamis (19/11/2020).

China National Biotec Group (CNBG) mengembangkan dua vaksin Covid-19, salah satunya dikembangkan oleh Sinopharm. Sisanya dikembangkan Sinovac dan CanSino, yang juga sudah mendapat izin penggunaan darurat.

Data registrasi uji klinis menunjukkan vaksin Sinopharm menggunakan vaksin yang tidak aktif (inactivated) yang tidak dapat bereplikasi dalam sel manusia, guna memicu respons imun. Butuh dua dosis per orang untuk vaksin ini.


(roy/miq)

COVID-19 Detais Indonesia