Seperti Inilah Tampilan Antarmuka PlayStation 5

Seperti Inilah Tampilan Antarmuka PlayStation 5

Terbaiknews - KOMPAS.com - Kehadiran konsol PlayStation 5 ( PS5) masih terpaut satu bulan lagi. NamunSony...

KOMPAS.com - Kehadiran konsol PlayStation 5 ( PS5) masih terpaut satu bulan lagi. Namun, Sony semakin aktif membagikan informasi terbaru seputar konsol next gen tersebut.

Baru-baru ini, perusahaan asal Jepang itu membeberkan tampilan antarmuka (UI) yang akan hadir pada PS5. Tampilan antarmuka tersebut diperlihatkan secara detil lewat sebuah video berdurasi 11 menit, yang diunggah Sony melalui kanal YouTube PlayStation.

Sesaat setelah diputar, video tersebut menunjukkan perbedaan yang signifikan antara tampilan antarmuka PS5 dan PS4. Serupa dengan PS4, pengguna akan disambut dengan halaman Homescreen berisi deretan game yang terdapat pada konsol.

PS5 Bisa Mainkan Game PS4, Kecuali 10 Judul Ini

Bedanya, background pada halaman tersebut akan menampilkan tema atau cuplikan gambar dari game yang terakhir kali pengguna mainkan.

Sony juga tetap mempertahankan menu bar yang dapat ditemukan pada sisi bawah layar TV. Meski demikian, logo dan menu-menu yang ada di dalamnya terlihat berbeda.

Seperti Inilah Tampilan Antarmuka PlayStation 5GSM Arena Menu Explore pada PS5 menampilkan informasi seputar game yang dipilih

Sony turut menambahkan satu buah menu baru bernama Explore. Menu ini menyajikan informasi terhangat seputar game dan pembaruan yang diluncurkan oleh Sony.

Disebutkan bahwa menu Explore masih dalam tahap uji coba, sehingga hanya pengguna asal AS saja yang dapat memiliki akses ke fitur saat waktu peluncuran tiba. Sony berjanji akan menggulirkan menu tersebut secara bertahap.

Pengguna PS5 juga akan menjumpai menu PlayStation Store, yang memiliki tata letak di sisi paling kiri layar Homescreen. Melalui menu klasik ini, pengguna dapat membeli serta mengecek game-game yang nantinya akan menyambangi konsol PS5.

Sony Rilis Update 8.00 untuk PlayStation 4, Apa yang Baru?

Selain menambahkan menu Explore, Sony turut menghadirkan menu Control Center, yang dapat diakses dengan menekan tombol PlayStation pada controller DualSense.

Melalui menu ini, pengguna dapat mengakses berbagai informasi penting terkait game yang sedang dimainkan seperti daftar teman yang sedang online, melihat status unduhan game, dan berbagai menu lainnya.

Menariknya, PS5 turut membawa menu lain yang bernama Game Help yang dapat menyediakan tips dan trik bagi pengguna yang berhenti di level game tertentu. Informasi yang disajikan dapat berupa gambar atau video.

Seperti Inilah Tampilan Antarmuka PlayStation 5GSM Arena Fitur Game Help yang dapat menampilkan gambar dan video berisi bantuan ketika pemain terjebak di suatu level tertentu

Game Help juga tidak akan mengganggu tampilan game, karena akan muncul secara picture-in-picture. Alhasil pemain dapat dengan melihat bantuan melalui Game Help sekaligus memainkan game secara bersamaan.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (17/10/2020), menu Game Help hanya tersedia secara khusus untuk pelanggan PlayStation Plus. Dengan demikian, pengguna yang tidak berlangganan secara otomatis tidak dapat mengakses menu ini.

COVID-19 Detais Indonesia