Review realme 5i yang Masih Membawa Quad Camera dan Baterai Jumbo dengan Harga Lebih Terjangkau

Review realme 5i yang Masih Membawa Quad Camera dan Baterai Jumbo dengan Harga Lebih Terjangkau

Terbaiknews - smartphone realme 5i yang disebut dengan julukan Quad Camera Battery King. 

-realme 5i menjadi smartphone terbaru yang beredar di pasar Indonesia. Smartphone ini merupakan anggota keempat dalam keluarga realme 5, sebuah line-up yang paling lebar sepanjang portofolio mereka di sini. realme 5i memiliki citra yang sangat mirip dengan realme 5 dan realme 5s (juga diluncurkan beberapa bulan terakhir) yang sama-sama menawarkan konfigurasi Quad Camera dan baterai jumbo.

Kebetulan kami memiliki kesempatan untuk mengulasnya. Berikut impresi kami saat menguji smartphone realme 5i yang disebut dengan julukan Quad Camera Battery King tersebut.

Desain Bodi

Review realme 5i yang Masih Membawa Quad Camera dan Baterai Jumbo dengan Harga Lebih Terjangkau
Tampilan desain bodi realme 5i.

realme memperkenalkan pola desain baru yang mereka sebut Sunrise Design. Desain yang sebenarnya memiliki kemiripan dengan bahasa desain realme sebelumnya, termasuk sudut-sudut melengkung guna kenyamanan genggaman dan tonjolan di bagian kamera. Hanya saja, kali ini realme berikan sentuhan baru dengan tekstur guratan dan pola kilauan layaknya sinar dari kiri bawah ditarik ke kanan atas.

Smartphone ini tersedia dalam dua warna - Ocean Blue dan Forest Green. Karena alih-alih mengusung desain mengilap, tekstur guratan-guratan di bagian belakang ini memberikan kelebihan yaitu tidak mudah tertempel noda atau sidik jari. Terlebih tidak diberikan aksesori case dalam paket penjualan. Pemindai sidik jari berada di bagian tengah punggung smartphone, cukup nyaman untuk meraihnya setiap ingin membuka kunci layar.

Ponsel ini dilengkapi dengan layar LCD 6,52 inci berresolusi 720 × 1600 piksel aspek rasio 20:9. Ada poni Mini-drop di bagian atas layar sebagai tempat kamera depan. Sementara itu, layar ini memberikan sudut pandang yang bagus untuk kondisi di luar ruangan.

realme 5i memiliki tombol lock/power di sebelah kanan sedangkan tombol volume di sebelah kiri. Tombol-tombol ini tidak terlalu menonjol, namun memberikan kesan yang lembut ketika ditekan. Tray kartu SIM ada di sebelah kiri tepat di atas tombol volume dan memiliki dua slot Nano-SIM bersama dengan slot kartu microSD.

realme 5i tetap menggunakan port Micro-USB di bagian bawah, memang akan lebih baik jika sudah berjenis USB Type-C. Bagian bawah ini juga terisi dengan jack audio 3.5mm dan grill speaker.

Performa

realme 5i berbagi sebagian besar spesifikasi dengan realme 5 dan realme 5s. Contohnya, smartphone ini juga ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 665 AIE SoC, yang memiliki 4 inti Cortex-A73 yang memiliki clock 2.2GHz dan 4 core Cortex-A53 yang memiliki clock 1.8GHz.

Kapasitas memorinya ada tiga yaitu 3GB+32GB, 4GB+64GB, dan 4GB+128GB. Memori tersebut masih bisa ditambahkan sebanyak 256GB menggunakan slot kartu microSD. Urusan konektivitas ada Bluetooth v5.0, Wi-Fi 802.11 ac, dan twin 4G selain keberadaan VoLTE.

Untuk antarmuka, realme 5i menjalankan ColorOS 6.0.1 pada Android 9 Pie. Dalam menelusuri tiap-tiap sudut kami tidak menemukan halangan, di mana semua dapat dijalankan dengan lancar.

Kamera

Dalam hal kinerja kamera, realme 5i hadir dengan kamera utama 12MP f/1.8 + 8MP f/2.25 Ultra-wideangle + 2MP f/2.4 Ultra-macro + 2MP f/2.4 sensor kedalaman.

Tidak ada sesuatu yang spesial di kamera utamanya, hanya saja kamera ini menjadi andalan utama saat bertemu kondisi rendah cahaya. Sebab kamera tersebut memiliki aperture f/1.8 dan area single piksel yang besar, sehingga lebih bisa menangkap banyak cahaya. Ditambah kehadiran mode pengambilan gambar Nightscape yang memanfaatkan AI.

Tiga kamera lain yang menyatu dalam teknologi disebut Quad Camera adalah kamera dengan lensa lebar. realme mengatakan lensa yang satu ini memiliki area bidik 119 derajat. Cukup baik dalam menangkap objek yang luas seperti pemandangan. Area sudut-sudut yang umumnya terdistorsi juga masih wajar, tidak merusak estetik dari keseluruhan foto.

Dua lainnya adalah kamera makro dan kamera portrait. Untuk kamera makro, melalui kamera beresolusi 2MP pengguna bisa mengabadikan detail seperti tekstur pada objek yang kecil. Kamera bisa digunakan untuk menangkap objek yang sangat dekat, hingga di bawah 5cm. Lalu untuk kamera portraitnya adalah sebagai kamera penunjang kamera utama dalam menangkap hasil foto berlatar bokeh. Kali ini kamera itu menggunakan filter hitam putih untuk berikan eksposur yang lebih tinggi.

Review realme 5i yang Masih Membawa Quad Camera dan Baterai Jumbo dengan Harga Lebih Terjangkau
Hasil foto menggunakan kamera realme 5i.

Fitur andalan realme adalah Chroma Boost dan Nightscape, masih tetap dipertahankan di smartphone berjuluk Quad Camera Battery King ini. Chroma Boost membantu untuk menaikkan warna gambar menjadi lebih pop, sementara Nightscape membantu memproses gambar pada kondisi minim cahaya.

realme 5i ini memberikan konfigurasi empat kamera di bagian belakang, masih sama seperti pendahulunya realme 5s. Dalam urusan kamera selfie, realme 5i memiliki besaran resolusi 8MP saja namun masih tetap menggunakan AI beautification.

realme 5 turut mampu diajak melakukan perekaman video gerak lambat 240fps/720P. Kameranya juga bisa diajak melakukan perekaman hingga resolusi 4K. Tapi fitur EIS hanya akan aktif maksimal di perekaman 1080p saja.

Baterai

realme 5i masih mengalir DNA realme 5 series dengan kapasitas baterai jumbo. Kapasitasnya sebesar 5.000mAh, ditambah terdapat fitur AI Freezer yang bisa mendeteksi secara otomatis aplikasi yang tidak digunakan dan membekukannya. Kerjasama antara kapasitas baterai yang besar dengan chipset yang hemat daya serta sistem UI yang ringan, menghasilkan ketahanan baterai yang dapat diandalkan. Terbukti, dalam kondisi penuh, baterai bisa menghidupi selama sehari penuh untuk penggunaan intens. Sayangnya pengisian daya masih standar jadi luangkan waktu untuk bisa mengisi penuh baterai di ponsel ini.(NFM*)

COVID-19 Detais Indonesia