David Warren, Buat Black Box Usai Ayahnya Kecelakaan Pesawat

David Warren, Buat Black Box Usai Ayahnya Kecelakaan Pesawat

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Kotak hitam atauÂblack box pesawat Sriwijaya Air SJ 182yang jatuh di...

Jakarta, CNN Indonesia --

Kotak hitam atauÂblack box pesawat Sriwijaya Air SJ 182yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara telah ditemukan Selasa (12/1).

Kotak yang selalu dicari ketika terjadi sebuah tragedi kecelakaan ini dapat menginformasikan semua kegiatan pesawat termasuk tekanan udara hingga kondisi cuaca selama penerbangan. Sebagian besar, penyebab kecelakaan pesawat terbang dapat diketahui melalui black box.

Dibalik peranan pentingnya dalam sebuah penerbangan, sebagian orang tidak mengetahui sosok dibalik penemuan kotak hitam. Dilansir dari Thoughtco, penemu black box merupakan laki-laki asal Australia bersama David Warren.


Kecelakaan pesawat yang terjadi terhadap ayahnya pada 1934 membuat Warren berkeinginan menciptakan perekam data penerbangan.

Warren lahir pada 1925 di Groote Eylandt, sebuah pulau di lepas pantai utara Australia. Pada 1950 an, Warren bekerja untuk Aeronautical Research Laboratories di Melbourne.

Melansir ABCÂNews, sekitar 7 tahun kemudian dia menyelesaikan prototipe pertamanya yang disebut 'Memory Unit'. Sayangnya, penemuan tersebut lebih banyak mengundang kritik dibandingkan pujian.

Akhirnya, Inggris dan Amerika Serikat yang menanggapi penemuan Warren lebih serius dan memproduksi black box secara massal. Masih berasal dari sumber yang sama, Warren dikabarkan tidak mendapatkan imbalan finansial atas penemuannya.

Penemuan Warren pun baru diakui oleh negaranya pada 2002. Dia akhirnya dianugerahi Orde Australia atas kontribusinya. Warren menutup usia pada 2010 dalam usianya ke 85.

Istilah penggunaan nama black box muncul pertama pada Perang Dunia II, yang berasal dari pengembangan radio, radar, dan alat bantu navigasi elektronik di pesawat tempur Inggris dan Sekutu.

Perangkat elektronik yang sering dirahasiakan ini secara harfiah terbungkus dalam kotak hitam atau rumah non-reflektif. Oleh karena itu dinamakan 'Black box'.

Adapun warna oranye dipilih agar terlihat terang dan mencolok secara visual di antara puing-puing setelah kecelakaan.

Fakta selanjutnya, meski dinamai black box, kotak hitam itu tidak memiliki bentuk kotak dan tidak berwarna hitam. Bentuk black box sendiri berupa silinder yang dipasang pada dua bagian logam besar. Bentuknya lebih mirip kompresor udara daripada alat perekam.

(can/DAL)
[Gambas:Video CNN]

COVID-19 Detais Indonesia