Begini Tampilan HarmonyOS 2.0, Pengganti Android di Ponsel Huawei

Begini Tampilan HarmonyOS 2.0, Pengganti Android di Ponsel Huawei

Terbaiknews - - Huawei berencana untuk mulai menggelontorkan sistem operasi (OS) baru bikinan sendiriHarmonyOS...

- Huawei berencana untuk mulai menggelontorkan sistem operasi (OS) baru bikinan sendiri, HarmonyOS 2.0, ke seluruh perangkat Android buatannya pada tahun ini.

HarmonyOS 2.0 merupakan pengganti sistem operasi Android besutan Google yang tak bisa lagi dipakai Huawei karena larangan ekspor teknologi dari pemerintah Amerika Serikat.

Tanda-tanda HarmonyOS Mulai Menggantikan Android di Ponsel Huawei

Meski belum meluncur secara komersil, sebuah laporan dari ArsTechnica sudah menguak seperti tampilan OS tersebut (versi beta) saat berjalan di sebuah smartphone.

Dari hasi pengamatan yang diperoleh dengan menjalankan "remote device emulator" dari Software Development Kit (SDK) HarmonyOS 2.0 ini, didapat kesan bahwa HarmonyOS identik dengan OS Android 10 dari Google.

Begini Tampilan HarmonyOS 2.0, Pengganti Android di Ponsel HuaweiArsTechnica Ilustrasi tampilan awal, notifikasi, dan recent apps di HarmonyOS 2.0

Kemiripan bisa langsung dilihat di tampilan awal (home screen) yang mirip dengan skin antarmuk Android dari Huawei. Desain bilah notifikasinya juga disebut sama dengan OS Android 10, begitu juga tampilan recent apps dan laman pengaturan.

Hal serupa berlanjut di bagian menu Settings. Di laman "About phone", misalnya, bidang elips yang melingkari tulisan "HarmonyOS" serupa dengan desain Android 10 sehingga seolah-olah hanya diganti namanya saja.

Kemudian, pada laman "App info" di aplikasi sistem "HarmonyOS System", terlihat bahwa OS tersebut merupakan versi ke-10. Sejumlah file sistem juga tercatat masih menggunakan nama "Android", seperti "com. android.carrierconfig". Lainnya ada yang bernama "HarmonyOS".

Begini Tampilan HarmonyOS 2.0, Pengganti Android di Ponsel HuaweiArsTechnica Tampilan laman pengaturan About phone, App info, dan daftar aplikasi di HarmonyOS 2.0.

File installer untuk aplikasi di HarmonyOS 2.0 pun disebut menggunakan ekstensi .APK. Meski diubah menjadi ekstensi .HAP (Harmony OS Ability Package), pada dasarnya aplikasi HarmonyOS yang dibuat dengan SDK menarget API Android 29, alias Android 10.

Manuver Huawei, ZTE, dan Xiaomi Melawan Blacklist AS

Alih-alih fork OS seperti Amazon Fire OS dan Samsung Tizen yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari Android atau Linux, HarmonyOS pun lebih terkesan seperti jiplakan Android 10 yang dilapis antarmuka EMUI 11.

Huawei berencana merilis HarmonyOS 2.0 pada 2021, dimulai dari lini ponsel flagship. Kemiripan sistem operasi ini dengan Android Google mungkin masih bisa berubah hingga saat kehadirannya nanti.