1 Kasus Corona, 600 Petenis dan Staf Australia Open Diisolasi

1 Kasus Corona, 600 Petenis dan Staf Australia Open Diisolasi

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Temuan satu kasus positif virus corona dalam hotel karantina membuat...

Jakarta, CNN Indonesia --

Temuan satu kasus positif virus corona dalam hotel karantina membuat sekitar 600 orang yang terdiri dari petenis, ofisial, dan staf untuk gelaranÂAustralia OpenÂ2021 harus diisolasi.

Kepala Daerah Victoria, Daniel Andrews, menyatakan temuan satu kasus positif itu didapat dari seorang volunteer pemadam kebakaran yang bertugas sebagai tenaga pendukung untuk pelaksanaan turnamen Australia Open.

Volunteer itu sempat bekerja di sebuah hotel pada 29 Januari dan sudah menjalani tes dengan hasil negatif. Namun kemudian ia dinyatakan positif dalam tes yang digelar pada Rabu (3/2).


Lantaran peristiwa tersebut, Andrews menyatakan 500-600 orang yang berada di hotel karantina dinyatakan sebagai 'kontak erat' dan harus menjalani isolasi sampai mereka terbukti negatif dalam tes yang dilakukan.

1 Kasus Corona, 600 Petenis dan Staf Australia Open DiisolasiProtokol kesehatan ketat dilakukan dalam persiapan penyelenggaraan Australia Open. (AP Photo/Andy Brownbill)

Andrews sendiri tidak mau berspekulasi terlalu jauh terkait pelaksanaan Australia Open 2021, termasuk kemungkinan pembatalan. Australia OpenÂdijawalkanÂmulai pada Senin (8/2).

"Kami punya satu kasus dan kami akan bekerja keras untuk memastikan jumlah kasus serendah mungkin," ujar Andrews dikutip dari CNN.

Turnamen pemanasan yang dijadwalkan pada Kamis (4/2) pun dibatalkan akibat temuan kasus positif.

Di Victoria, pemerintah setempat sempat menyatakan sudah tidak ada transmisi lokal selama 28 hari. Mereka juga menerapkan peraturan ketat berupa kewajiban masker di tempat umum dan pembatasan jumlah orang yang berkumpul.

1 Kasus Corona, 600 Petenis dan Staf Australia Open Diisolasi

Penyelenggaraan Australia Open tahun ini penuh tantangan. Sebelumnya, 72 petenis harus menjalani isolasi selama 14 hari setelah penumpang dalam penerbangan mereka positif covid-19.

Australia Open adalah salah satu dari empat grand slam tenis yang tiap tahunnya digelar di Melbourne, Victoria. Tahun lalu Novak DjokovicÂdan Sofia Kenin jadi juara di turnamen ini.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/har)