Thailand Mundur, MotoGP Indonesia Makin Berpeluang di 2021

Thailand Mundur, MotoGP Indonesia Makin Berpeluang di 2021

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- MotoGP IndonesiaÂdi Sirkuit Mandalika semakin berpeluang masuk...

Jakarta, CNN Indonesia --

MotoGP IndonesiaÂdi Sirkuit Mandalika semakin berpeluang masuk kalender MotoGP 2021Âsetelah Thailand mundur jadi tuan rumah.

Bangkok PostÂmelaporkan, pemerintah Thailand sepakat menunda perpanjangan kontrak lima tahun sekaligus dengan Dorna.

Sebelumnya, MotoGP Thailand yang menggunakan Sirkuit Buriram berencana melanjutkan kontrak kesepakatan lima tahun mulai 2021 hingga 2025. Namun, pemerintah meminta jadwal dialihkan mulai 2022 hingga 2026.


Wakil juru bicara pemerintah Thailand Traisuree Taisaranakul mengatakan, lisensi untuk menjadi tuan rumah MotoGP selama lima tahun tak akan berubah. Kontrak dengan tuan rumah akan menelan biaya 900 juta baht atau 25 juta euro.

Thailand Mundur, MotoGP Indonesia Makin Berpeluang di 2021

Hingga saat ini Dorna belum mengonfirmasi keputusan pemerintah Thailand ini. Jika sudah resmi, maka Thailand akan menjadi tuan rumah pertama yang mundur dari gelaran MotoGP 2021.

Mundurnya MotoGP Thailand membuka kesempatan bagi MotoGP Indonesia yang saat ini dalam daftar tunggu mengisi slot yang ditinggalkan Negeri Gajah Putih.

Sebelumnya, MotoGP Argentina dan Amerika Serikat resmi ditunda walau belum menentukan tanggal pengganti.

[Gambas:Video CNN]

Diketahui, Thailand resmi menjadi tuan rumah MotoGP sejak 2018. Satu tahun kemudian Buriram jadi salah satu sirkuit dengan penonton terbesar dan mendatangkan profit besar.

Namun, Thailand juga mundur sebagai tuan rumah MotoGP 2021 menyusul rangkaian penundaan jadwal akibat Covid-19.

Awalnya MotoGP Thailand masuk dalam jadwal seri di Oktober bersama MotoGP Jepang di Motegi sebelum istirahat sepekan untuk melanjutkan balapan di Australia dan Malaysia.

Kondisi ini akan memberikan peluang bagi MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada tahun ini. Namun, hingga saat ini pembangunan masih belum rampung.

(jun/jal)
Thailand Mundur, MotoGP Indonesia Makin Berpeluang di 2021 Thailand mundur dari MotoGP 2021. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)