Pebasket Timnas Muda Ini Dapat Beasiswa NBA Academy

Pebasket Timnas Muda Ini Dapat Beasiswa NBA Academy

Terbaiknews - Pebasket Timnas Muda Ini Dapat Beasiswa NBA Academy (Timnas basket /Ariya kurniawan)
Jakarta -

Pebasket muda Derrick Michael mendapatkan beasiswa dari NBA Academy. Ia secepatnya akan melanjutkan studi di Australian Institute of Sports (AIS) di Canberra.

Kabar baik itu disampaikan Derrick setelah mendapat kepastian dari pihak NBA. Ia menerima surat pemberitahuan dari NBA Global Academy yang ditandatangani oleh Eugene Park (NBA Elite Basketball Talent Identification).

"Sebenarnya mereka sudah kontak saya sejak Maret lalu. Mama saya juga dihubungi oleh mereka. Jadi tidak ada proses pendaftaran, mereka yang melakukan pemantauan," kata Derrick dalam laman IBL.

"Saya siap menerima beasiswa tersebut walau rasanya campur aduk antara gembira dan sedih. Sedihnya karena harus berpisah dengan keluarga, terutama mama," bebernya.

Pebasket Timnas Muda Ini Dapat Beasiswa NBA AcademyDerrick Michael (Timnas basket /Ariya kurniawan)

Pemanggilan pemain berusia 17 tahun itu sejatinya bukan hal yang mengejutkan. Derrick memang sudah mencolok sejak tampil di ASEAN School Games 2019. Saat itu, ia masih berusia 16 tahun tapi sudah memiliki tinggi badan 2,01 meter. Hal yang jarang terjadi di pebasket Indonesia.

Bahkan tahun lalu, ia pernah dipanggil mengikuti Pelatnas Timnas Senior menuju William Jones Cup 2019, meskipun akhirnya tak diboyong. Tapi difokuskan ke multievent lain. Derrick tak patah semangat. Pemain berdarah campuran Sumatera Utara dan Kamerun ini menunjukkan perkembangan dalam skill dan penguasaan bolanya.

Meski begitu, Derrick masih harus bersabar menunggu keberangkatannya. Pandemi Corona dan masih ada proses administrasi akademis yang harus diselesaikan menjadi kendalanya saat ini.

"Kalau tidak ada COVID-19 sebenarnya saya sudah dinanti. Saat ini juga masih ada beberapa urusan akademis yang harus diselesaikan," ujarnya.

Sejauh ini, pemain kelahiran Jakarta itu masih tergabung di dalam pemusatan latihan Timnas di Jakarta. Dia dipersiapkan untuk mengikuti Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Bahrain, November mendatang.

Menyoal itu, Derrick mendapat jaminan dari NBA untuk bisa tampil jika negara memerlukan. "Mereka mengizinkan jika Timnas Indonesia membutuhkan saya untuk membela tim," katanya.

(mcy/aff)
nbaderrick michaelbasketibl

COVID-19 Detais Indonesia