Kenali Fungsi Rongga Grill Mobil, Bukan Hanya Aksesori

Kenali Fungsi Rongga Grill Mobil, Bukan Hanya Aksesori

Terbaiknews - JAKARTAKOMPAS.com -Tampilan eksterior mobil menjadi nilai tersendiri untuk menarik para konsumen...

JAKARTA, KOMPAS.com -Tampilan eksterior mobil menjadi nilai tersendiri untuk menarik para konsumen pada pandangan pertama. Terlebih, bila kendaraan terkait memiliki sentuhan menarik.

Hal tersebut biasanya dapat ditemukan pada bagian depan mobil seperti grill yang berupa rongga membentuk wajah. Bahkan beberapa pabrikan telah membenamkan ciri khas melalui sektor ini.

Tetapi, tahukah Anda bahwa grill bukan hanya sebagai pemanis alias aksesori pemanis pada tampang depan mobil?

Sejatinya, grill punya fungsi penting sebagai sirkulasi udara untuk mendinginkan mesin.

Mengenal Perbedaan Serta Plus Minus Sasis Ladder Frame dan Monokok

Kenali Fungsi Rongga Grill Mobil, Bukan Hanya AksesoriIstimewa Test Drive Daihatsu Terios di Padang.

"Bila dilihat detil, grill itu memiliki rongga-rongga yang berguna untuk mendinginkan kisi-kisi radiator. Sehingga, suhu ideal mesin bisa terjaga secara optimal," kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi kepada Kompas.com.

Sebagaimana diketahui, mesin pada mobil memiliki temperatur panas yang cukup tinggi. Sehingga, dibutuhkan pendinginan baik dari dalam maupun luar (udara langsung).

Jika bagian tersebut dihilangkan, lanjut dia, maka mobil bakal sering mengalami overheat di samping tingkat konsumsi bahan bakar yang boros.

"Itu karena tidak ada saluran udara dan aerodinamika yang baik. Jadi, berpengaruh terhadap beban kerja di mesin juga yang pada akhirnya sejalan terhadap konsumsi bahan bakar," papar Bambang.

Puluhan Kendaraan Kena Razia Parkir, Ingat Lagi Aturan Parkir di Jalan

Kenali Fungsi Rongga Grill Mobil, Bukan Hanya AksesoriKOMPAS.COM/STANLY RAVEL VW Tiguan Allspace

"Pada beberapa kasus, ada pemilik mobil yang menutup gril dengan spanduk acara tertentu. Padahal, tindakan ini bisa menghambat aliran udara dan efek terburuknya mobil akan mengalami overheating," jelas dia lagi.

Fungsi lain dari gril selain sebagai saluran udara, juga penambah estetika. Beberapa pabrikan mobil ada yang sengaja mempertahankan bentuk gril mereka, karena sudah menjadi hal yang ikonik.