Pemkot  fokus tata kawasan Sungai Palu pada 2021

Pemkot fokus tata kawasan Sungai Palu pada 2021

Terbaiknews - Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu Hidayat mengatakan Pemerintah Kota Palu pada 2021 akan fokus pada...

Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu Hidayat mengatakan Pemerintah Kota Palu pada 2021 akan fokus pada program pembangunan infrastruktur pada kawasan Sungai Palu untuk menunjang visi kota itu sebagai kota jasa.
Dia mengatakan kawasan tersebut memiliki potensi besar terhadap tumbuhnya ekonomi baru di tengah kota sehingga menjadi salah satu solusi bagi ekonomi masyarakat yang kini sudah mulai bangkit pasca diterjang badai gempa, tsunami dan likuefaksi.
"Kamiakan tata pembangunan di kawasan Sungai Palu agar tertata rapi, indah, bersih, dan menarik sehingga nanti dapat dikunjungi banyak orang sebagai salah satu titik destinasi dalam kota," kata Hidayat di Palu, Kamis.
Dia mengatakan kawasan sungai Palu yang panjangnya sekitar tiga kilometer merupakan salah satu dimensi alam yang menarik untuk menjadikan Kota Palu sebagai kota destinasi.
"Seluruh kajian sepanjang daerah aliran sungai Palu ini sudah rampung. Tinggal kita mau bangun saja, insya Allah 2021 kita akan bangun kawasan itu," katanya.
Hidayat mengatakan kawasan itu akan dibangunkan jalan di kiri kanan sungai dilengkapi dengan fasilitas penerangan jalan dan tempat-tempat kegiatan ekonomi, olah raga, hotel dan restoran.
"Sehingga nanti rumah-rumah di pinggir sungai ini semua sudah menghadap ke sungai, terang di malam hari sehingga suasana menjadi hidup," katanya.
Dia optimistis jika kawasan tersebut sudah hidup, tumbuh, dan berkembang menjadi pusat kegiatan baru bagi warga maka akan berdampak pada perputaran ekonomi masyarakat kota.
Dengan demikian kata Hidayat, selain kota menjadi rapih, indah, dan menarik untuk dikunjungi juga dapat menghidupkan ekonomi masyarakat.
"Kita sudah bangun Hutan Kota. Di sana sudah ramai. Denyut ekonomi masyarakat kita sudah hidup. Maka tahun depan akan kita kembangkan lagi destinasi yang baru di kawasan Sungai Palu," katanya.
Pemerintah Kota Palu juga telah membangun jembatan Lalove (Jembatan Palu V), yang menghubungkan Palu Selatan dengan Palu Tatanga.
Jembatan yang baru diresmikan tersebut saat ini ramai dikunjungi warga untuk mengabadikan foto panorama sungai yang membela dua Kota Palu tersebut.
Hidayat mengatakan di sekitar jembatan tersebut saat ini sedang dibangun sejumlah fasilitas untuk kegiatan ekonomi masyarakat dan diharapkan menjadi bagian dari sistem kawasan Sungai Palu.
Sejumlah usaha khususnya kuliner kini mulai tumbuh di sekitar jembatan tersebut meskipun masih menggunakan fasilitas seadanya karena fasilitas yang disediakan pemerintah sedang dalam proses pembangunan.

COVID-19 Detais Indonesia