Sudah 3 Minggu Lebih Listrik Padam di Paniai, Papua, Ini Penjelasan PLN

Sudah 3 Minggu Lebih Listrik Padam di Paniai, Papua, Ini Penjelasan PLN

Terbaiknews - JAYAPURA- Lebih dari tiga minggu listrik di Kabupaten PaniaiProvinsi Papuapadam. Hal itu...

JAYAPURA, - Lebih dari tiga minggu listrik di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, padam. Hal itu dibenarkan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat

Manager PLN UP3 Nabire, Robert Rumsaur mengatakan, hal itu terjadi karena kerusakan mesin pembangkit yang menghentikan pasokan listrik di Paniai.

"Dari tiga mesin pembangkit, satu di antaranya ini milik pemda dan saat ini rusak. Kerusakan sudah terjadi beberapa kali di sisi jaringan tegangan rendah, namun gangguan terakhir berdampak sampai ke mesin," ujar Robert saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (3/2/2021).

Menurut dia, dua mesin pembangkit yang beroperasi digunakan untuk melayani listrik di Paniai secara bergilir.

Ini dikarenakan kapasitas mesin tak sanggup mencukupi kebutuhan pelanggan yang mencapai 838 kilowatt (Kw).

TNI-Polri Tak Takut dengan Tantangan Perang Terbuka KKB, Begini Penjelasan Wakapolda Papua

“JTR sudah kami perbaiki walaupun itu milik pemda, sekarang tinggal perbaikan mesinnya saja. Kami sudah dapat alatnya ada di Surabaya dan sementara koordinasi untuk pengirimannya,” kata Robert.

Walau mesin pembangkit yang rusak merupakan aset Pemkab Paniai, Robert memastikan PLN siap melakukan perbaikan.

Hanya saja masih diperlukan pesetujuan dari Pemkab Paniai sebagai pemilik mesin. Namun, ia belum bisa memastikan kapan jaringan listrik di Paniai pulih.

"Kami belum bisa menentukan estimasinya, mulai dari pengiriman, pemasangan, pengerjaan di Paniai itu masih akan dibicarakan. Kami juga akan menemui pemda untuk membicarakan hal tersebut," kata Robert.

Salah seorang warga Paniai, Maria Pigai mengungkapkan, listrik di tempat tinggalnya telah padam sejak awal Januari 2021 sampai saat ini.