Rabu, Distribusi Vaksin Sinovac ke Kabupaten Kota di Maluku Dimulai

Rabu, Distribusi Vaksin Sinovac ke Kabupaten Kota di Maluku Dimulai

Terbaiknews - AMBON- Satuan tugas penanganan Covid-19 Provinsi Maluku memastikan distribusi vaksin Sinovac ke 11...

AMBON, - Satuan tugas penanganan Covid-19 Provinsi Maluku memastikan distribusi vaksin Sinovac ke 11 kabupaten kota di Maluku akan mulai dilakukan pada Rabu (13/1/2021) besok.

Distribusi vaksin Sinovac ke semua daerah di Maluku ini akhirnya bisa dilakukan setelah Balai POM mengeluarkan izin penggunaan darurat dan juga adanya sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selama menunggu izin dari Balai POM dan sertifikasi halal dari MUI, sebanyak 15.120 dosis vaksin untuk Maluku ini disimpan di gudang farmasi milik dinas kesehatan Maluku.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Doni Rerung mengatakan, distribusi vaksin Covid-19 ke kabupaten kota di Maluku akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Detik-detik Pratu Kurniawan Jatuh dari Jembatan dan Hilang di Sungai Papua

Dia mengatakan, dari 11 kabupaten kota, ada delapan daerah akan akan menjadi sasaran pertama distribusi vaksin.

Delapan daerah itu yakni Kota Ambon, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Maluku Tenggara, Kota Tual, Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Aru dan Kabupaten Buru.

"Dan untuk tanggal 14 itu sesuai dengan jadwal penerbangan, distribusi dilakukan ke Buru Selatan, Tiakur, dan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur," kata Doni, kepada wartawan di kantor gubernur Maluku, Selasa (12/1/2021).

Mengingat kondisi geografis Maluku yang terdiri dari pulau-pulau maka distribusi vaksin Sinovac ke kabupaten kota di Maluku akan dilakukan melalui tiga jalur sekaligus, baik melalui penerbangan, jalur laut dan darat.