Mandalika Banjir, Bagaimana Nasib Proyek Sirkuit MotoGP?

Mandalika Banjir, Bagaimana Nasib Proyek Sirkuit MotoGP?

Terbaiknews - LOMBOK TENGAH,- Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan proyek Sirkuit...

LOMBOK TENGAH,- Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan proyek Sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, dalam keadaan aman dan tetap berjalan normal, pasca-diguyur hujan yang menyebabkan banjir di kawasan tersebut.

Banjir segera surut berkat drainase yang dipasang di kawasan tersebut.

"Terkait info banjir di kawasan Mandalika, kami pastikan kawasan The Mandalika, khususnya lokasi Jalan Kawasan Khusus (JKK), dalam kondisi aman dan tidak begitu terdampak," kata Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro dalam siaran pers, Sabtu (30/1/2021)

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Diduga Sebabkan Banjir, Ratusan KK Kena Dampak

Diakui Bram, hujan deras yang terjadi mulai Sabtu siang hingga malam hari di kawasan Lombok Tengah memang sempat menimbulkan genangan di sejumlah titik dalam kawasan The Mandalika.

Saat ini pihak ITDC tengah melakukan pemeriksaan menyeluruh dan pemeliharaan atas kondisi infrastruktur dasar dalam kawasan khususnya sistem drainase.

KKB Tembak Mati Seorang Warga Intan Jaya, Papua, karena Diduga Mata-mata TNI-Polri

ITDC juga telah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan ke desa-desa penyangga The Mandalika untuk melihat kondisi di lapangan serta memonitor kawasan terdampak.

Adapun langkah-langkah dalam jangka pendek guna membantu masyarakat yang terdampak banjir antara lain penyediaan air bersih bagi warga desa penyangga dengan menggunakan truk tangki dan mengerahkan tenaga kebersihan untuk membersihkan lumpur.

Langkah lain yaitu membantu memangkas dan membersihkan pohon-pohon yang tumbang di sekitar kawasan.

ITDC juga akan membantu mengirimkan material saluran beton (U-Ditch) ukuran 60 x 60 cm sebanyak 12 unit dalam membantu jembatan terputus di Desa Rembitan yang merupakan desa penyangga The Mandalika.