Baznas bantu nelayan Kepulauan Karimata mesin tempel

Baznas bantu nelayan Kepulauan Karimata mesin tempel

Terbaiknews - Pontianak (ANTARA) - Sejumlah nelayan Desa PadangKecamatan Kepulauan Karimatamendapat bantuan 10...

Pontianak (ANTARA) - Sejumlah nelayan Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata, mendapat bantuan 10 unit mesin tempel dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.
Perwakilan Pengurus Baznas Kayong Utara, Sy Helmi, Sabtu mengatakan, pihaknya membelikan mesin tempel tersebut untuk membantu meringankan beban beberapa warga Desa Padang, Kepulauan Karimata yang keseharian aktivitasnya mencari nafkah sebagai nelayan.
"Keseharian warga yang kita bantu ini peralatan perahunya tanpa mesin atau dengan kata lain untuk menggerakkan perahunya menggunakan pengayoh atau secara manual. Sehingga patut kita bantu," ujarnya saat dihubungi di Kayong Utara.
Ia menjelaskan bahwa bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Pemerintahan Desa Padang. Kemudian dapat dibagikan kepada nelayan-nelayan yang betul-betul memerlukannya.
"Semoga bantuan yang ada dapat memperlancar usaha nelayan di sini. Sehingga aktivitas lancar dan semoga pendapatannya semakin meningkat," harap dia.
Ia mengatakan Baznas merupakan suatu lembaga resmi yang menangani urusan zakat.
"Dalam konteks inilah kami melaksanakan amanah, mempunyai kecenderungan untuk memberikan kesadaran masyarakat yang mampu agar dapat melaksanakan kewajiban berzakat.
Ia menambahkan, patut disyukuri bahwa Pegawai Negeri Sipil di Kayong Utara sudah mengeluarkan zakatnya. Selanjutnya, diharapkan untuk usaha-usaha dan profesi yang lainnya dapat tergerak membayarkan zakatnya.
"Kami juga berharap, untuk ke depannya segera terbentuk Unit Penerimaan Zakat (UPZ) di tingkat pemerintahan desa.
Penerimaan Zakat ini penyalurannya diprioritaskan kepada warga muslim yang berhak untuk menerimanya. Meskipun demikian penanganan Zakat ini penyalurannya juga akan diberikan kepada warga non-muslim yang berhak untuk mendapatkannya," jelas dia.
Secara simbolis bantuan dari Baznas Kayong Utara yang berjumlah sepuluh unit ini diserahkan Kepada Penjabat (Pj) Kepala Desa Padang, Farizal. Untuk pembagian mesin tempel kepada warga nelayan Desa Padang yang berhak mendapatkan bantuan tersebut, selanjutnya melalui beberapa Perwakilan Pengurus Baznas Kayong Utara menyerahkan sepenuhnya kepada Pj. Kepala Desa Padang.

COVID-19 Detais Indonesia