Sekda Gorontalo Utara rinci realokasi APBD 2020 cegah COVID-19

Sekda Gorontalo Utara rinci realokasi APBD 2020 cegah COVID-19

Terbaiknews - Gorontalo (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo UtaraProvinsi GorontaloRidwan Yasin,...

Gorontalo (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Ridwan Yasin, merinci rencana realokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020, dalam upaya percepatan pencegahan virus corona baru atauCOVID-19 di daerah itu.
Ia mengungkap, di Gorontalo, Minggu, tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) yang dipimpinnya, telah membahas realokasi tersebut dan telah diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.
Sebelumnya, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) teknis terkait, telah mengajukan rencana anggaran mencapai total Rp18 miliar.
Mereka (OPD, red) menyusun rincian
penganggaran hingga 1 tahun, padahal yang diperlukan saat ini hanya untuk alokasi 3 bulan atau hingga masa darurat nasional berakhir pada 29 Mei 2020.
"Jika nanti diperpanjang dan perlu dilakukan alokasi anggaran tambahan, maka TAPD akan mengajukannya ulang," jelas Sekda selaku koordinator pelaksana gugus tugas percepatan pencegahan COVID-19 di kabupaten tersebut.
Sekda menjelaskan, TAPD melakukan penelitian setiapitem seluruh keperluan anggaran yang diajukan pihak Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Zainal Umar Siddiki, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) termasuk Kehumasan Sekretariat Daerah.
Total yang diperoleh hanya berkisar Rp9,9 miliar atau tidak sampai menembus angka Rp10 miliar.
Penganggaran tersebut untuk operasional dan pemenuhan alat-alat kesehatan khususnya alat pelindung diri (APD), termasuk alat bantu pernafasan atau fentilator yang perlu disiapkan di rumah sakit setempat, harganya sekitar Rp400-Rp500 juta per unit.
Beberapa sumber anggaran yang digeser untuk memenuhi realokasi tersebut, berasal dari kegiatan non fisik, seperti anggaran perjalanan dinas, beberapa penyelenggaraan bimbingan teknis (bimtek).
Termasuk dana alokasi khusus (DAK) di bidang kesehatan sesuai instruksi dalam Keputusan Presiden (Kepres) terkait penganggaran penanganan dan pengendalian COVID-19.
Sekda berharap, DPRD segera melakukan pembahasan terhadap rancangan pergeseran anggaran yang telah diajukan tersebut, untuk percepatan pemenuhan operasional dan APD dalam upaya pencegahan COVID-19 di daerah ini.***

Sekda Gorontalo Utara rinci realokasi APBD 2020 cegah COVID-19
Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin (dua dari kanan), selaku koordinator pelaksana gugus tugas percepatan pencegahan COVID-19 kabupaten, saat meninjau pintu masuk ke Gorontalo, di wilayah perbatasan di Kecamatan Atinggola. (ANTARA/Susanti Sako)

COVID-19 Detais Indonesia