Program Desa Baiknya Sebagian Non Fisik

Program Desa Baiknya Sebagian Non Fisik

Terbaiknews - Hargo.co.idGORONTALO – Aleg muda NasDemJery Kiswanto mengapresiasi rencana kerja...

Hargo.co.id, GORONTALO – Aleg muda NasDem, Jery Kiswanto mengapresiasi rencana kerja pemerintah daerah yang akan mengirim pelaku UMKM ke Makasar. Tujuannya terkait untuk peningkatan kwalitas maupun sumber daya pelaku UMKM itu sendiri dengan memanfaatkan Dana Desa yang ada.

Menurut Jery Kiswanto, memang sudah saatnya pola pikir pemanfaatan dana desa yang saat ini melulu hanya dari segi program fisik di lapangan, harus secara bertahap dialihkan untuk program non fisik.

BACAProgram Pembangunan Harus Kreatif dan Variatif

“Yang pada intinya, program non fisik tersebut dapat meningkatkan sisi ekonomi masyarakat dan juga peningkatan kesejahteraan,” ungkapnya.

Setiap tahun kata Jery Kiswanto, ada saja pembangunan fisik yang dilaksanakan di desa, jika program tersebut maksimal dilaksanakan setiap tahunnya, maka satu saat maka sudah tidak ada lagi program fisik yang dapat dilaksanakan seperti halnya pemenuhan atas jalan desa dan lainnya.

BACATanggulangi Covid-19, DPRD Belum Terima Usulan Pergeseran

“Jika sudah tidak ada lagi, apa lagi yang mau dikerjakan? tentu untuk mengantisipasi akan hal ini, maka desa sudah harus dapat merubah pola pikir untuk pembangunan desanya dari fisik menjadi non fisik,” ujarnya.

Perencanaan atas pembangunan non fisik kata Jery tidak sama dengan fisik yang langsung nampak.

“Harus ada kajian terlebih dulu sebelum dilaksanakan, terutama terhadap dampak dan hasil apa yang diinginkan dari program tersebut,” kata Jery Kiswanto.

BACACorona Mewabah, Dampak Perekonomian Perlu Dipikirkan

Namun satu hal yang paling penting lainnya yakni terkait dengan regulasi dalam pengelolaan dana desa harus diperhatikan.

“Pada dasarnya program yang dilaksanakan harus sesuai dengan regulasi dan penting juga keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus dapat dimanfaatkan dengan maksimal apalagi terhadap penyertaan modal yang diberikan” tandasnya. (abk/adv/hg)

COVID-19 Detais Indonesia