Diperingati pada 25 Februari, HUT Pohuwato Diubah

Diperingati pada 25 Februari, HUT Pohuwato Diubah

Terbaiknews - Hargo.co.idGORONTALO â&;&; Ada kabar menarik dari daerah paling barat Gorontalo....

Hargo.co.id, GORONTALO â&;&; Ada kabar menarik dari daerah paling barat Gorontalo. Yakni, Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pohuwato telah diubah yang mana sebelumnya pada 6 Mei dan kini pada 25 Februari.

Langkah untuk mengubah HUT Pohuwato dilakukan melalui rapat tentang pembahasan rancangan Perda terkait dengan penetapan hari jadi Pohuwato. Rapat ini Âdipimpin oleh Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras yang dihadiri jajarannya, Senin (11/01/2020).

BACASeluruh Pimpinan OPD di Pohuwato Jalani Swab Test

â&;&;Kilas balik tentang perjalanan Pohuwato ini memang sangat memakan waktu. Bahkan saya sendiri yang membuat draf pemekaran waktu saya masih Kabag Tapem di Boalemo. Memang waktu itu cukup dipolemikkan tentang pembentukan Pohuwato,” ungkap Amin Haras.

“Alhamdulillah, perjuangan yang cukup ketat ini akhirnya juga demi untuk menggagas stabilitas daerah, disepakatilah Pohuwato menjadi daerah otonom yang dimekarkan pada 25 Februari,” kenangnya.

BACABupati Pohuwato Bersedia Jadi Orang Pertama Diberi Vaksin Covid-19

Terkait HUT Pohuwato? Amin Haras menjelaskan, saat penetapan hanya dilihat dari sisi de facto dan tidak melihat sisi de jure. “Karena memang situasi saat itu, kegembiraan dengan terbentuknya Pohuwato sehingga tidak terfikirkan, yang penting sudah jadi dulu kabupatennya,” tambahnya.

Pada Perda kali ini, hari jadi Pohuwato akan ditetapkan pada tanggal 25 Februari dan bukan lagi tanggal 6 Mei. Itu diambil berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2003 tanggal 25 Februari 2003 yang ditandatangani oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

BACASMS Menang, BerIMAN dan Ibo-Misyu Tolak Hasil Pleno KPU

“Semoga cepat selesai dan menjadi Peraturan Daerah. Karena saat ini memasuki pertengahan Januari yang berarti tidak lama lagi Februari. Artinya, pada 25 Februari nanti kita mulai peringatan HUT Pohuwato yang untuk seterusnya kita peringati pada 25 Februari dan bukan lagi 6 Mei,” kuncinya. (ayi/adv/hg)

Share

COVID-19 Detais Indonesia