Pendidikan Indonesia Pasca Covid-19

Pendidikan Indonesia Pasca Covid-19

Terbaiknews - Pendidikan Indonesia Pasca Covid-19Oleh : Dr. Ir. AngelinusVincentiusM.Si.Rektor Universitas Nusa...

Pendidikan Indonesia Pasca Covid-19

Oleh : Dr. Ir. AngelinusVincentius, M.Si.

Rektor Universitas Nusa Nipa (UNIPA)–Maumere

Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas 2 Mei) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas 20 Mei) tahun 2020 diwarnai dengan situasi global pandemi Covid-19.

Situasi ini menuntut seluruh umat manusia sebagai entitas biosfer dengan derajat paling tinggi dari antara makhluk ciptaan Tuhan, berjuang untuk bertahan hidup, memerdekakan diri dari belenggu Covid-19 sembari terus melihat peluang untuk masa depan yang baru.

Dari sisi makna Hari Pendidikan Nasional tanggal 02 Mei, kita perlu untuk melihat kembali bagaimana situasi pendidikan di tanah air.

Instruksi Pemerintah telah dikeluarkan, terutama untuk melindungi peserta didik (murid, mahasiswa) dan satuan pendidikan dari ancaman penularan infeksi Covid-19.

Ada instruksi untuk home learning, work from home, stay at home, social distancing, physical distancing dan protokol kesehatan lainnya.

Di tengah kondisi ini, insitusi pendidikan dihadapkan pada pilihan-pilihan; pembelajaran untuk peserta didik tidak boleh dihentikan, ada target untuk tuntaskan materi dalam semester berjalan, metode pembelajaran yang tidak beresiko penularan covid-19, pertemuan tatap muka harus dihindari.

Sementara itu, pembelajaran daring (dalam jaringan internet) atau online masih menghadapi kendala infrastruktur/jaringan (signal) internet yang belum merata, daya beli pulsa data terbatas, belum cukup dikuasainya aplikasi-aplikasi IT, bahkan masih ada warga masyarakat yang belum memiliki smartphone.