Bercelana Pendek dan Bertelanjang Dada, Herman Diringkus, Ditahan, Lalu Meninggal, 6 Polisi Diperiksa

Bercelana Pendek dan Bertelanjang Dada, Herman Diringkus, Ditahan, Lalu Meninggal, 6 Polisi Diperiksa

Terbaiknews - KOMPAS.com - Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana membenarkan proses...

KOMPAS.com - Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana membenarkan proses penyelidikan yang dilakukan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Kaltim atas kasus meninggalnya seorang tahanan di Polresta Balikpapan awal Desember 2020 lampau.

Kombes Ade menyebutkan enam anggota Polresta Balikpapan sudah diperiksa sebagai saksi.

“Hal motif dan kronologi kejadian masih didalami oleh penyidik,” jelas Ade seperti ditulis Antara.

Tahanan Tewas Usai Ditangkap Polisi, Kompolnas: Harus Ada Sanksi Tegas jika Terbukti Kekerasan

Kasus ini kembali mencuat ketika keluarga akhirnya resmi melaporkan kasus kematian Herman (39 tahun) ke Divisi Propam dan Direktorat Reserse Kriminal Polda Kaltim.

Herman diketahui meninggal dunia setelah berada di dalam penanganan Polresta Balikpapan dalam dugaan pencurian telepon genggam.

“Kami laporkan Jumat 5 Februari kemarin, langsung ke Mapolda Kaltim di Jalan Sjarifuddin Joes,” kata pengacara keluarga dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Samarinda Fathul Huda Wiyashadi, Sabtu, seperti ditulis Antara.

Fathul menuturkan, kejadiannya sendiri sudah berlalu dua bulan.

Pada malam 2 Desember 2020, Herman yang sedang beristirahat di rumahnya di kawasan Jalan Borobudur, Kelurahan Muara Rapak, dan tak jauh dari Polsek Balikpapan Utara, didatangi 3 orang tak dikenal.

Orang-orang ini, menurut Fathul, meringkus Herman yang bertelanjang dada dan hanya bercelana pendek hitam, dan membawanya ke mobil.

Ani (23), sepupu Herman, yang semula masuk kamar mengambilkan baju, tak sempat lagi menyerahkan baju karena mobil keburu pergi.

COVID-19 Detais Indonesia