Stakeholder Diminta Perhatikan Pendidikan Khusus

Stakeholder Diminta Perhatikan Pendidikan Khusus

Terbaiknews - Ikatan Guru Pendidikan Khusus Indonesia (IGPKhI) Kota Serang meminta stakeholder untuk memperhatikan...

Ikatan Guru Pendidikan Khusus Indonesia (IGPKhI) Kota Serang meminta stakeholder untuk memperhatikan pendidikan anak berkebutuhan khusus, serta memberikan kemudahan bagi anak berkebutuhan khusus baik di sekolah ataupun di ruang publik.

Hal tersebut diungkapkan Ketua IGPKhI Kota Serang Agus Helfi Rahman kepada Kabar Banten, Kamis (7/5/2020).

“Momen hari pendidikan nasional, kami berharap baik pemerintah daerah, kepala dinas pendidikan serta sekolah untuk memperhatikan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Serta pemahaman dan penerapan pendidikan inklusi benar-benar diinternalisasi secara benar,” kata Agus.

Selain itu, ia mengatakan, penyelenggara pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus perlu saling berbagi pengalaman, dalam memberikan pendidikan inklusif. Kekhususan yang dimiliki anak-anak berkebutuhan khusus tidak membatasi kesempatan di masa depan.

“Saya berharap banyak kalangan di pendidikan dapat memperhatikan mereka. Dalam kondisi keterbatasan mereka bisa terus memotivasi diri untuk menatap masa depan yang terbentang luas. Anak-anak harus terus belajar menimba ilmu dan mencari tahu hal-hal baru untuk mendukung keterampilan dan kemampuan untuk bisa bersaing,” ucapnya.

Ia mengatakan, nasib guru honorer di sekolah negeri yang tidak bisa cairkan tunjangan profesi guru atau tunjangan sertifikasi juga belum diberikan. Pihaknya berharap agar Pemerintah Provinsi Banten untuk mencarikan solusinya.

“Semenjak triwulan 3 dan 4 di 2019 hingga triwulan 1 dan 2 di 2020 tunjangan sertifikasi tak kunjung diberikan, padahal itu amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Kami berharap segera mendapatkan solusinya,” tuturnya. (Denis Asria/Yandri)*