Verona, Kota Romeo & Juliet di Italia

Verona, Kota Romeo & Juliet di Italia

Terbaiknews - Ini Veronabukan Corona! Yang pertama dicintaiyang kedua sebisa mungkin dijauhi. Nama Verona...

Ini Verona, bukan Corona! Yang pertama dicintai, yang kedua sebisa mungkin dijauhi. Nama Verona tidak bisa dilepaskan dari lakon "Romeo and Juliet" yang ikut mengangkat nama kota ini ke puncak ketenaran.

William Shakespeare pun mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kota favoritnya, tempat setting beberapa karyanya, saat ini justru menjual nama lakon-lakonnya sebagai daya tarik kota Verona. Salah satu mahakaryanya yang paling sering diasosiasikan dengan kota Verona adalah roman "Romeo and Juliet", kisah cinta antara dua remaja dari dua keluarga yang saling bermusuhan, yang berakhir tragis.

Franco Zeffirelli kemudian membuat filmnya (1968), dengan bintang utama Olivia Hussey (Juliet) dan Leonard Whiting (Romeo) dan berhasil menyabet 2 (dua) Academy AwardsÂdan 3 (tiga) Golden Globe Awards. Setelah film Zeffirelli ini, masih ada beberapa film adaptasi lainnya yang dibuat berdasarkan tragedi ini. Semua film-film ini makin mengangkat pamor Verona sebagai kota Romeo dan Juliet.

Verona memang sulit melepaskan diri dari stempel kota "Romeo Juliet". Roman ini begitu kuat menancap di bumi Verona, sehingga hampir setiap orang Verona bisa menunjukkan kepada anda 'rumah' Juliet yang sekarang dijadikan Museum Juliet.

Verona, Kota Romeo & Juliet di Italia
Film

Dua musim panas telah berlalu, sejak penulis terakhir singgah di kota ini dalam suatu perjalanan dari Venice menuju Milan. Kini musim panas kembali menyapa. Dan kenangan itu seakan baru saja berlalu.

Via Mazzini, pedestrian paling populer di Verona yang memanjang dari Piazza Bra sampai ke Via Capello seakan memberikan ucapan 'Selamat Datang' kepada semua pengunjung. Dan hampir semua turis yang melewati jalan ini bisa dipastikan sedang menuju atau baru kembali dari "The House of Juliet".Â

Verona adalah sebuah kota indah di Italia utara, ibukota dari Propinsi Verona dan berada di wilayah Veneto. Kota berpenduduk sekitar 259 ribu ini berada di suatu persimpangan yang sangat strategis, yakni antara Milan ke Venice dan dari Italia ke Eropa tengah melalui pegunungan Brenner PassÂyang menawan.

Kota ini dapat dicapai dari berbagai jurusan dengan mudah, dengan kereta api maupun bus. Dari Milan ke Verona berjarak sekitar 160 km atau dua jam perjalanan dengan bus. Dan hanya 105 km atau 1.5 jam dari arah Venice.

Memasuki kota ini dari arah jalan tol (autostrada A4), kita segera melihat wajah Verona yang tampaknya tidak berbeda jauh dengan kota-kota baru lainnya di Italia. Tetapi, begitu melewati Porta Nuova (New Gate), kita segera melihat wajah berbeda dari kota tua ini.

Apalagi ketika melewati gerbang kota dengan hiasan lonceng di tengahnya. Suatu pemandangan kota yang sangat spektakular segera terpampang di depan kita! Sebuah alun-alun indah dengan taman air mancur segera membetot perhatian kita. Inilah Piazza Bra yang terkenal.

VIDEO PILIHAN

COVID-19 Detais Indonesia