Jateng di Rumah Saja, BPCB Jawa Tengah Tutup Semua Wisata Candi

Jateng di Rumah Saja, BPCB Jawa Tengah Tutup Semua Wisata Candi

Terbaiknews - KOMPAS.com – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tetap akan...

KOMPAS.com – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tetap akan melakukan penutupan semua kawasan candi di Jateng selama masa gerakan Jateng di Rumah Saja, 6–7 Februari 2021.

Hal tersebut dikonfirmasi Kepala Kelompok Kerja Pengembangan, Pemanfaatan, dan Publikasi BPCB Provinsi Jawa Tengah Wahyu Kristanto.

“Penutupan candi yang dilelola BPCB Provinsi Jateng untuk kunjungan umum sampai saat ini masih diberlakulan sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian, termasuk selama Jateng di Rumah Saja,” kata Wahyu pada Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Sebelumnya, BPCB Provinsi Jateng telah menutup sementara sebua objek wisata cagar budaya, termasuk kawasan candi yang ada di Jateng sejak masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dimulai pada 11 Januari 2021.

Seluruh Tempat Wisata Jawa Tengah Tutup Selama Jateng di Rumah Saja

Sejak itu, kawasan objek wisata cagar budaya termasuk candi belum dibuka kembali hingga sekarang. Penutupan kawasan selama gerakan Jateng di Rumah Saja hanya melanjutkan penutupan yang masih berjalan.

“Hal ini merupakan salah satu upaya dukungan pencegahan penyebaran Covid-19 di lokasi obyek cagar budaya,” imbuh Wahyu.

Hingga kini, belum ada informasi mengenai batas waktu sampai kapan penutupan akan dilakukan.

Seperti tertera dalam berita Kompas.com, batas waktu tersebut akan ditentukan kemudian berdasarkan hasil evaluasi dan rekomendasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Jateng.

Jateng di Rumah Saja, BPCB Jawa Tengah Tutup Semua Wisata CandiKOMPAS.com/DIAN ADE PERMANA Aneka tarian menjadi penanda dimulainya Festival Gedongsongo.

BPCB Yogyakarta Tutup Obyek Wisata Cagar Budaya Selama PPKM

Beberapa kawasan candi yang ada di bawah pengelolaan BPCB Jawa Tengah yang tutup sementara adalah sebagai berikut:

  1. Candi Dieng
  2. Candi Gedongsongo
  3. Candi Bogang
  4. Candi Klero
  5. Candi Ngempon
  6. Candi Dukuh
  7. Candi Sewu
  8. Candi Lumbung
  9. Candi Bubrah
  10. Candi Gana
  11. Candi Plaosan
  12. Candi Sojiwan
  13. Candi Merak
  14. Candi Karangnongko
  15. Candi Lawang
  16. Candi Sari
  17. Candi Sukuh
  18. Candi Cetho
  19. Candi Menggung
  20. Candi Planggatan
  21. Candi Kethek
  22. Candi Retno
  23. Candi Gunungsari
  24. Candi Pendem
  25. Candi Asu
  26. Candi Lumbung
  27. Candi Losari
  28. Candi Ngawen
  29. Candi Selogriyo
  30. Candi Gunung Wukir
  31. Candi Batur
  32. Candi Pringapus

Candi Borobudur tutup

Selain candi-candi yang berada di bawah pengelolaan BPCB, Candi Borobudur di bawah pengelolaan Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC-Persero) juga memutuskan untuk menutup kawasan wisata mereka.

Jateng di Rumah Saja, BPCB Jawa Tengah Tutup Semua Wisata CandiDokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf Ilustrasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah

TWC Borobudur di Kabupaten Magelang akan tutup pada 6-7 Februari 2021 untuk mendukung kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

“Selaku pengelola Taman Wisata Candi Borobudur, kami akan mengikuti ketentuan yang dikeluarkan Gubernur Jateng,” kata Sekretaris PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Emilia Eny Utari di Magelang, berdasarkan berita Kompas.com.

Jateng di Rumah Saja, Candi Borobudur Tutup 6-7 Februari

Selama penutupan, kawasan Candi Borobudur akan dibersihkan. Waktu tersebut juga akan dimanfaatkan untuk memperbaiki fasilitas protokol kesehatan.

Sementara mengenai Candi Prambanan, belum ada informasi resmi apakah destinasi tersebut akan ditutup atau tidak. Pasalnya, candi tersebut terletak di dua wilayah, yakni Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta.