Benarkah Teh Hijau dan Kopi Turunkan Risiko Kematian karena Diabetes?

Benarkah Teh Hijau dan Kopi Turunkan Risiko Kematian karena Diabetes?

Terbaiknews - KOMPAS.com - Penyuka teh hijau atau kopi mungkin sudah sering mendengar manfaat dari dua minuman...

KOMPAS.com - Penyuka teh hijau atau kopi mungkin sudah sering mendengar manfaat dari dua minuman yang nikmat ini.

Namun, keduanya ternyata memiliki khasiat lebih terutama bagi penderita diabetes.

Dilansir Science Daily, sebuah penelitian yang dipublikasikan di BMJ mengungkapkan, minum empat atau lebih cangkir teh hijau setiap hari ditambah 2 atau lebih kopi berkaitan dengan risiko kematian 63 persen lebih rendah selama sekitar lima tahun.

Orang dengan diabetes tipe 2 lebih rentan terhadap penyakit peredaran darah, demensia, kanker, dan patah tulang.

Meskipun semakin banyak obat yang efektif bagi penderita diabetes tipe 2, modifikasi gaya hidup, seperti olahraga dan diet, tetap menjadi landasan pengobatan.

Beberapa penelitian yang diterbitkan sebelumnya menunjukkan bahwa minum teh hijau dan kopi secara teratur dapat memberi manfaat bagi kesehatan karena berbagai senyawa bioaktif yang terkandung di dalam minuman ini.

Tetapi, hanya sedikit dari studi ini yang dilakukan terhadap penderita diabetes.

Oleh karena itu, para peneliti memutuskan untuk mengeksplorasi potensi dampak teh hijau dan kopi, secara terpisah dan digabungkan, terhadap risiko kematian mereka.

Benarkah Teh Hijau dan Kopi Turunkan Risiko Kematian karena Diabetes?Kompas.com/Roderick Adrian Mozes Pakar teh, Ratna Somantri, menunjukan Gyokuro, teh hijau dari Jepang.

Untuk penelitian ini, para peneliti melacak kesehatan 4923 orang Jepang (2.790 pria, 2.133 wanita) dengan diabetes tipe 2, berusia rata-rata 66 tahun, dengan durasi penelitian selama rata-rata lebih dari lima tahun.

Semuanya telah terdaftar di The Fukuoka Diabetes Registry, sebuah studi prospektif multisenter yang mengamati pengaruh perawatan obat dan gaya hidup pada umur pasien dengan diabetes tipe 2.

COVID-19 Detais Indonesia