8 Kesalahan Penggunaan Masker yang Sering Disepelekan

8 Kesalahan Penggunaan Masker yang Sering Disepelekan

Terbaiknews - KOMPAS.com - Menggunakan masker adalah salah satu protokol kesehatan yang dianjurkan untuk mencegah...

KOMPAS.com - Menggunakan masker adalah salah satu protokol kesehatan yang dianjurkan untuk mencegah penularan Covid-19.

Penggunaan masker yang baik dan benar begitu krusial, sampai-sampai kita masih tetap dianjurkan memakai masker meskipun kelak vaksinasi sudah mulai diberikan kepada masayarakat.

Tak sedikit orang yang menyepelekan penggunaan masker, padahal cara penggunaan yang mereka terapkan masih belum tepat.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2020 oleh perusahaan masker Signs.com menemukan sejumlah kesalahan yang sering dilakukan masyarakat ketika mengenakan masker, termasuk soal perawatan masker yang digunakan.

Meski beberapa temuan mereka mungkin terdengar mengejutkan, tapi kita masih bisa mencegah atau memperbaikinya jika melakukan kesalahan serupa.

Beberapa kesalahan penggunaan masker tersebut, antara lain:

1. Tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah melepas masker
Otoritas kesehatan mungkin sudah sering merekomendasikan kita untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengenakan masker.

Namun, studi yang dilakukan Signs.com mengungkapkan bahwa masih banyak pengguna masker yang melewatkan tahapan tersebut.

Sebanyak 35 persen dari peserta penelitian, misalnya, melaporkan tidak mencuci tangan mereka sebelum mengenakan masker, sementara 43,7 persen lainnya mengaku melepas masker tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Untuk mencegah penularan virus, epidemiolog Rashid Chotani menyarankan untuk mencuci tangan selama 20-30 detik sebelum mengenakan dan melepas masker, sebab infeksi yang ditransfer ke tangan kita bisa dengan mudah berpindah ke area hidung, mulut dan mata.

COVID-19 Detais Indonesia