Wanginya Bisnis Tanaman Hias, Omzet Naik 3x Kala Pandemi

Wanginya Bisnis Tanaman Hias, Omzet Naik 3x Kala Pandemi

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Tidak selamanya virus corona membawa petaka bagi perekonomian. Bagaimana...

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak selamanya virus corona membawa petaka bagi perekonomian. Bagaimana tidak, bagi pedagang tanaman hias hal ini justru membawa rezeki nomplok bagi bisnis mereka.

Dikutip HaiBunda, salah satu penjual tanaman hias online yang merasakan dampaknya adalah Putri Anugeraheni, pemilik bisnis tanaman hias Grow and Grow. Putri sudah berjualan tanaman hias sejak empat tahun lalu.

Awalnya, Putri hanya hobi merawat tanaman hias yang ia minta dari rumah orang tua dan mertuanya. Hingga suatu hari, Putri memborong tanaman hias dari temannya.


"Suatu saat, ada teman yang lagi butuh duit, dia ini tukang tanaman. Akhirnya, aku ngeborong. Sebenarnya, aku juga bingung mau jual ke mana," ujar Putri kepada HaiBunda.

Ia membeli 20 pot tanaman. Dari 20 pot itu, 10 ia tanam di rumah dan 10 lagi langsung dijual. Putri berniat untuk menjual ini ke teman-temannya. Tapi, ternyata teman-teman putri tidak antusias dengan tanaman hias.

Ia kemudian memutuskan untuk menjual tanaman hias secara online. Ternyata, usaha yang satu ini cukup ramai pembeli.

"Terus, akhirnya berkembang. Awalnya cuma iseng kan, kayak oh ya sudah lah dijual saja. Tahun ketiga, kita mulai fokus di proyek," kata Putri.

Sekarang, Grow and Grow tidak hanya menjual tanaman hias. Mereka juga menyediakan jasa penyewaan tanaman untuk acara atau kantor, sekaligus desain dekorasinya, dan juga melayani pembuatan landscape taman.

"Yang ketiga, kita punya landscape, taman. Jadi, tanam di taman," kata Putri.

Namun, sejak pandemi Covid-19, Putri sudah tidak lagi menerima proyek-proyek ini. Pendapatan Grow and Grow hanya dari penjualan tanaman hias.

Putri mengaku, omzetnya meningkat dua sampai tiga kali lipat sejak pandemi corona. Ini karena semakin banyak orang yang baru hobi merawat tanaman hias.

"Jadi, sebenarnya proyek 0%, tapi kita dapat dari retailnya lebih banyak," ujarnya.

Usaha milik Putri ini sekarang sudah semakin dikenal banyak orang. Bahkan, beberapa artis menjadi langganannya, seperti Maudy Koesnadi, Dian Pelangi, dan Artika Sari Devi.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)

COVID-19 Detais Indonesia