Simak! Tips Menata Bambu Hoki Biar Cuan di Tahun Kerbau Logam

Simak! Tips Menata Bambu Hoki Biar Cuan di Tahun Kerbau Logam

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Tahun baruÂImlek akan jatuh pada 12 Februari 2021 mendatang. Nah,...

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun baruÂImlek akan jatuh pada 12 Februari 2021 mendatang. Nah, bagi sobat cuan yang akan merayakan malam pergantian tahun baru Imlek bersama keluarga besar, nah ada baiknya membawakan tanaman bambu hoki yang dipercaya bisa membawakan keberuntungan.
Tanaman hias tropis yang menarik dan praktis ini tidak mudah hancur dan patah. Meski terlihat seperti bambu berukuran kecil, sebenarnya tanaman ini memiliki nama Dracaena sanderiana.
Perawatan yang harus dilakukan pada bambu hoki terbilang sangat mudah. Cukup isi ulang air untuk mempertahankan tingkatannya, dan ganti airnya sekitar sebulan sekali. Tidak ada aturan khusus dalam pemilihan air. Jadi, tanaman bambu hoki tidak akan mati atau busuk jika sobat cuan menggunakan air keran.
Dilansir laman Seattle Times, tanaman bambu hoki dapat tumbuh dengan subur selama bertahun-tahun dalam cahaya redup dan dalam pot yang berisi air dan kerikil. Masyarakat China percaya bahwa siapa saja yang menerima tanaman bambu keberuntungan di tahun baru maka akan mengalami keberuntungan dan kemakmuran untuk tahun berikutnya.

Menurut Feng Shui, bambu hoki akan membawa energi damai dan bijaksana ke dalam rumah. Bambu keberuntungan juga mengajarkan kebijaksanaan tinggi tentang bagaimana menjadi fleksibel dan terbuka. Hal ini akan membuat roh dapat bebas mengalir dan menyembuhkan pikiran sobat cuan.

Bambu keberuntungan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Harganya juga bervariasi, tergantung dengan seberapa rumit penataannya. Jika yang memiliki batang seperti dikepang, terpelintir, atau yang lebih rumit, biasanya akan lebih mahal.


Jika ingin merangkainya sendiri, sobat cuan bisa membeli batang yang berakar secara terpisah, kemudian memasukkannya ke dalam wadah yang disukai. Cukup tempatkan batang bambu dalam vas sempit, dan isi dengan kerikil kecil secukupnya untuk menopang batang dan pastikan batangnya tertutup atau bisa juga tambahkan pita agar bambu tampak lebih cantik.
Kalau sobat cuan punya tanaman bambu keberuntungan dan ingin menatanya dengan baik, nah berikut cara yang tepat. Dirangkum dari laman The Spruce, berikut ini adalah tips untuk menata tanaman hias bambu keberuntungan.


1. Lima Elemen
Untuk mendapatkan efek Feng Shui yang tepat, sobat cuan perlu menggabungkan kelima elemen Feng Shui yang dianggap sebagai dasar alam semesta. Kelima elemen tersebut adalah air, kayu, api, tanah, dan logam.

Elemen kayu dapat diekspresikan dengan tanaman bambu hoki, tanah diekspresikan dengan batu yang mengisi wadah, air dapat diekspresikan dengan air yang dibutuhkan bambu, api dapat diwakili dengan pita merah, dan logam diwakili dengan pot kaca.

2. Jumlah Batang
Ingat ya sobat cuan, penataan batang bambu juga perlu diperhatikan. Beberapa nomor dapat menyimbolkan sesuatu dalam penataan bambu hoki menurut Feng Shui.
Dua batang bambu melambangkan cinta dan pernikahan, 3 batang untuk kebahagiaan, 5 batang untuk kesehatan, 8 batang untuk kekayaan dan kelimpahan, 9 batang untuk keberuntungan.
3. Penempatan
Menurut Feng Shui, bambu hoki tidak boleh diletakkan pada sembarangan tempat. Sebab, hal itu akan memengaruhi efek yang ditimbulkan dari tanaman tersebut.
Untuk memberikan kekayaan dan kesehatan, sebaiknya tanaman bambu keberuntungan diletakkan pada sisi tenggara atau timur rumah. Tapi, jika sobat cuan tetap ingin menempatkannya di area barat, tempatkan tanaman di sebelah kiri tengah atau kiri atas rumah.

4. Perawatan
Terkenal sebagai tanaman yang tidak rewel, bambu keberuntungan akan terlihat buruk dan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Jadi, bambu keberuntungan tetap membutuhkan cinta dalam perawatannya.
Jika dirawat dengan baik, bambu hoki akan memiliki vitalitas yang damai dan kuat. Karenanya, sobat cuan harus merawatnya dengan baik. Hal ini tak hanya diberlakukan untuk tanaman bambu keberuntungan saja ya. Namun, berlaku juga untuk seluruh tanaman lainnya.
Berita selengkapnya >>> Klik di sini


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)