Waspada Bencana Musim Hujan, Satgas Imbau Minimalisir Risiko COVID-19 di Pengungsian

Waspada Bencana Musim Hujan, Satgas Imbau Minimalisir Risiko COVID-19 di Pengungsian

Terbaiknews - Mewaspadai bencana saat musim hujanSatuan Tugas Penanganan COVID-19 mengimbau untuk memastikan...

, Mewaspadai bencana saat musim hujan, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengimbau untuk memastikan minimalisir risiko penularan COVID-19 di lokasi pengungsian. Tempat pengungsian pun harus dipersiapkan dengan baik.

"Dalam upaya mitigasi bencana contingency plan, saat ini harus disesuaikan dengan bencana non alam, yaitu pandemi COVID-19 yang masih berlangsung," ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (15/10/2020).

"Contingency plan dan mitigasi risiko harus dipersiapkan dengan matang untuk meminimalisir kerugian. Bahkan korban jiwa pada sektor terdampak, termasuk memastikan lokasi pengungsian yang akan digunakan dapat meminimalisir risiko penularan COVID-19."

Satgas COVID-19 berharap tempat-tempat pengungsian untuk warga terdampak bencana dapat direkayasa dengan baik. Hal ini sebagai upaya mengurangi potensi penularan COVID-19.

"Harus selalu dalam keadaan layak dan bersih, sehingga dapat mengurangi potensi penularan COVID-19 serta penyakit-penyakit lainnya," lanjut Wiku.

"Bagi masyarakat apabila memungkinkan agar menghindari lokasi pengungsian di tenda, jika tidak terpaksa. Selain itu, manfaatkan tempat-tempat penginapan yang terdekat sebagai lokasi pengungsian."

Â

Â

**

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

COVID-19 Detais Indonesia